Yenny Wahid Ajak Mahasiswa Papua Ziarah ke Makam Tokoh Pluralisme

Jombang, koranmemo.com – Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau yang akrab disapa Yenny Wahid mengajak belasan mahasiswa – mahasiswi asal Papua yang menempuh pendidikan di Jombang untuk berziarah ke makam sang ayah, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Presiden ke – 4 RI ini juga tokoh pluralisme, yang terkenal mengedepankan rasa saling menghormati dan toleransi satu sama lain, baik lintas agama maupun suku bangsa.

Ini tidak lepas dari insiden gesekan yang terjadi di beberapa tempat di Jawa Timur, melibatkan mahasiswa asal Papua dengan warga maupun kelompok masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Yenny menyinggung kedekatan sang ayah semasa hidup dengan segala kelompok lapisan masyarakat. Tidak memandang suku maupun latar belakang agama, termasuk dengan warga Papua.

“Jadi kita pada hari ini berziarah ke makam Gus Dur, dengan sengaja mengajak adik-adik mahasiswa mahasiswi dari Papua, bahwa kami mengingatkan jika di tanah Jawa ini ada tokoh yang sangat dekat dengan warga Papua, yaitu Gus Dur,” kata Yenny sebelum doa bersama di pusara Gus Dur.

Yenny juga menyatakan, insiden yang terjadi akhir-akhir ini di beberapa tempat, berpotensi mengoyak rasa persatuan. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya secara menyeluruh agar benang-benang persatuan tetap utuh.

“Namun demikian kami meyakinkan kepada   pace, mace, mama-mama Papua bahwa kami semua, sayang dengan warga Papua. Momen ini untuk mengingat kembali hubungan emosional dan hubungan kekeluargaan itu selalu ada,” ujarnya.

Sementara Natalia, salah satu mahasiswa Papua menaruh harapan agar masyarakat baik di Papua atau dimanapun berada bisa damai kembali. “Bahwa semua hanya salah paham. Kami ucapkan juga terima kasih buat perlindungan yang diberikan pemerintah kepada kami yang jauh-jauh merantau menuntut ilmu di tanah Jawa,” tutupnya.

Sementara itu, sebelum berziarah, Yenny Wahid dan belasan mahasiswa Papua juga menyempatkan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Usai berziarah, rombongan Yenny Wahid bersama dengan mahasiswa asal Papua, melakukan pertemuan dengan pengasuh Pesantren Tebuireng KH. Salahuddin Wahid atau Gus Solah.

Reporter Agung Pamungkas
Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date