Wujudkan Kelurahan Bersinar lewat Peran Penggiat Antinarkoba dari Kelompok Masyarakat di Kota Kediri

Kediri, koranmemo.com – Dalam rangka pengembangan Kapasitas dan Pembinaan Masyarakat Anti Narkoba, BNN Kota Kediri melaksanakan workshop pada penggiat antinarkoba di lingkungan masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan di Grand Panglima Resto Rabu, 21 Agustus 2019, ini dihadiri oleh Para Penggiat Anti Narkoba dari Kelompok Masyarakat.

Melalui kegiatan tersebut, BNN Kota Kediri berusaha memberikan bekal pengetahuan terhadap para penggiatan antinarkoba di lingkungan pendidikan, supaya mereka dapat menjalankan tugas dan perannya sebagai penggiat dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Kediri, AKBP. Bunawar, S.H., selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan tentang situasi dan kondisi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia saat ini.

Oleh sebab itu menurutnya, diperlukan peran Penggiat Antinarkoba sebagai kepanjangan tangan BNN dalam melaksanakan P4GN di lingkungan lingkungan masyarakat. Dikatakan, perang terhadap narkoba perlu disuarakan dari semua lini. Kesemuanya harus bersinergi dan bersama-sama berjuang mencegah dan memberantas narkoba.

Hal senada juga turut disampaikan oleh narasumber lainnya yaitu Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Kediri, Kompol. D.N. Indrawati, S.H.

Selain materi tentang narkoba dan perkembangan kejahatannya, para peserta workshop juga mendapat bekal materi terkait Rehabilitasi, Adiksi, serta Konseling Dasar yang disampaikan oleh Jessicha Yenny Susanty, S.H., M.H., Direktur Eklesia Kediri Foundation yang turut berperan aktif sebagai Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang menangani rehabilitasi narkoba di Kediri.

Di samping itu, supaya para penggiat antinarkoba dapat menjalankan perannya dengan lebih maksimal, Wahyudi Sukarno, S.Kom., C.Ht., Pimpinan Eagle Fundamental Training juga membagikan suntikan motivasi serta beberapa tips dan trik terkait komunikasi efektif. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan para peserta dapat lebih aktif lagi menjalankan perannya sebagai penggiat, untuk mengajak dan menginspirasi orang lain supaya sadar akan bahaya narkoba, serta mau berbuat upaya untuk mencegah dan memberantasnya demi menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba.(Adv)

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date