Wisata Monumen Kresek Dipoles agar Tidak Angker

Madiun, koranmemo.com – Pemkab Madiun menyulap Monumen Kresek yang menggambarkan kekejaman PKI semula terlihat seram dan angker menjadi lebih menarik para wisatawan. Ini setelah, gerbang monumen, dipoles dengan warna – warni payung yang digantung dan dilengkapi air mancur.

Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda  dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun Isbani mengatakan, dengan penambahan ornamen-ornamen di sekitar monumen, perlahan mengikis kesan angker tersebut. ‘’Itu dulu, sekarang sudah tidak,’’ katanya.

Disparpora bahkan sudah merancang monumen kresek menjadi destinasi wisata keluarga. Bakal dibangun taman dengan berbagai macam bunga agar lebih terkesan hidup. Anggaran sebesar Rp 200 juta sudah dipersiapkan untuk mewujudkan wacana tersebut. Dimana, bakal direalisasikan pada pertengahan tahun ini.

Terlebih, selama ini menjadi rujukan para pelajar utamanya SD dan SMP yang ingin mempelajari sejarah PKI di Madiun. ‘’Pelajar harus ditarik kesana, bukan malah ditakut-takuti,’’ katanya.

Di sisi utara monumen tersebut juga sudah dibangun panggung bagi paguyuban seni untuk menggelar pertunjukan. Diakui, untuk menata ulang monumen kresek dibutuhkan kerjasama dari organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya. ‘’Kami tidak bisa bekerja sendiri. Ini kerja tim,’’ pungkasnya.

Reporter: Juremi

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.