Wisata Mandiri Bermunculan, PR Besar Bagi Disparta Batu

Batu, koranmemo.com – Menjadi salah satu daerah destinasi wisata terbesar di Jawa Timur, Kota Batu dengan 19 Desa dan 5 kelurahan tidak berhenti berbenah, dan memunculkan opsi-opsi wisata terbaru. Seperti diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu Imam Suryono, Minggu (10/11) kepada koranmemo.com. Fenomena tersebut tentunya menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Disparta Kota Batu.

“Seperti kita ketahui, saat ini lumayan banyak wisata mandiri yang dimunculkan oleh masyarakat. Dengan nama desa wisata atau wisata desa, tidak menjadi soal. Justru memang seharusnya begitu, ini sudah eranya wisata mandiri,” ungkapnya saat ditemui usai upacara Hari Pahlawan.

Sebelumnya Kota Batu masih lebih menonjol dengan wisata buatan. Namun sejak tiga tahun terakhir, mengiring slogan “Desa Berdaya Kota Berjaya” banyak bermunculan wisata dengan konsep alam, dibingkai dalam tajuk desa wisata atau wisata desa. Perihal tersebut jelas harus mendapatkan pengawalan khusus dari Disparta.

“Dalam tahun anggaran 2020, keberadaan wisata desa atau desa wisata pasti akan kita akomodir dalam program kami. Jelas bukan fresh money bentuk akomodasinya, melainkan suport program pengelolaan wisatanya,” imbuhnya.

Sementara itu kendala yang terjadi adalah permasalahan komunikasi, antara pengelola wisata dengan Disparta. “Yang sering terjadi itu tidak adanya komunikasi dari pengurus wisata, kepada kami. Bagaimana kami bisa melihat kelayakan, kemudian lanjut pada penganggaran kalau kami hanya diberi tahu bahwa disitu ada wisata. Kami butuh ajuan konsep dan program mereka,” tandasnya.

Diketahui dari tiga Kecamatan di Kota Batu, semuanya memiliki wisata baru. Sebut saja Kecamatan Bumiaji memiliki wisata Bumi Kitiran di Desa Bumiaji dan Kampung Lemah Abang, Desa Gunungsari. Sementara itu Kecamatan Batu ada Kampung Wisata Tani dan Kampung Ekologi di Kelurahan Temas. Terakhir, Kecamatan Junrejo mengunggulkan Kampung Wisata UMKM Rejoso dan Pasar Budaya Bring Rahardjo.

Reporter: Doi Nuri
Editor: Arif Juli Prabowo

Follow Untuk Berita Up to Date