Wisata Budaya dan Realigi Kota Kediri

Kediri, koranmemo.com – Memiliki sejarah yang panjang mulai dari masa kerajaan, penjajahan, hingga kemerdekaan, banyak lokasi wisata budaya maupun realigi yang dapat dikunjungi di Kota Kediri. Tercatat ada 20 lebih destinasi wisata yang bisa dijadikan daftar kunjungan.

Yang pertama adalah wisata realigi, di Kota Kediri memiliki banyak sekali pondok pesantren (Ponpes). Ada sekitar 9 ponpes yang sudah cukup terkenal. Beberapa di antaranya bahkan memiliki ribuan santri dan menjadi jujukan berbagai daerah untuk menimba ilmu agama.

Sembilan ponpes tersebut adalah, Pondok Pesantren Lirboyo, Pondok Pesantren LDII, Pondok Pesantren Kedunglo Al-Munadhdhoroh, Pondok Pesantren Salafiyyah, dan Pondok Pesantren Darussalam. Selanjutnya, Pondok Pesantren Al Ishlah, Pondok Pesantren Al Huda, Pondok Pesantren Modern Darussalam, Pondok Pesantren HM. Tribakti.

Sebenarnya masih ada lagi nama-nama ponpes yang tersebar di kota yang dilintasi sungai brantas ini. Kota Kediri juga menjadi salah satu kota santri karena itu meski memiliki wilayah yang kecil banyak sekali santri yang belajar agama di Kota Kediri. Jelas daya tarik ini juga berimbas pada potensi wisata yang ada di Kota Kediri.

Sealain itu, tidak hanya pada wisata realigi ponpes, Situs Sotono Gedong (Mbah Wasil) dan Masjid Aulia Setono Gedong juga memiliki daya tarik wisata di Kota Tahu ini. Ada lagi, Makam Sunan Geseng yang ada di Kaliombo juga bisa menjadi tujuan wisata bagi wisatawan luar kota.

Tak itu saja, kota kecil ini memiliki hubungan antar umat beragama yang sangat harmonis juga tercermin pada destinasi wisatanya.  Seperti Klenteng Tri Dharma di Jalan Yos Sudarso, di sini wisatawan bisa dengan mudah untuk mendapatkan oleh-oleh karena dekat dengan pusat penjualan tahu takwa atau tahu kuning.

Ada lagi, bangunan Gereja Merah yang ada di area Sekartaji. Sekitar sana banyak taman, seperti taman Sekartaji dan Taman Harmoni. Setelah berkunjung ke geraja wisatawan bisa singgah sebentar untuk menikmati taman di sekitarnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri, Apip Permana, mengatakan masih ada potensi wisata lain yang ada di Kota Kediri. Seperti Candi Klotok yang ada di area wisata Goa Selomangleng dan Jembatan Lama yang di sebelahnya sudah dibangun Tamam Brantas.

“Wisata andalan di Kota Kediri adalah Goa Selomangleng, tetapi masih banyak potensi lainnya seperti Candi Klotok atau area Taman Brantas yang menjadi ikon Kota Kediri. Area Selomangleng sekarang juga sudah mendapatkan perbaikan dan ada juga Museum Airlangga yang menjadi wisata sejarah di Kota Kediri,” tutupnya.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date