Wartawan Kota Malang Jalani Swab usai Wali Kota Positif Covid-19

Malang, koranmemo.com – Puluhan wartawan berbagai media di Kota Malang menjalani swab test di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Malang. Hal ini sebagai tindak lanjut atas Wali Kota Malang, Sutiaji yang terkonfirmasi Covid-19.

Nur Widianto, Kabag Humas Kota Malang menuturkan swab test yang diperuntukkan bagi wartawan dan Aparatur Sipil Negara (ASN) bagian Kehumasan Kota Malang tersebut bertujuan untuk mendeteksi adanya klaster baru.

“Memperhatikan situasi yang ada sebagaimana yang kami informasikan. Pertama di lingkungan Balai Kota, ASN kita dua kali rapid itu reaktif. Lalu Wali Kota terkonfirmasi positif, kemudian diikuti Sekda dan keluarga Wali Kota,” ujarnya.

Menurutnya, intensitas pertemuan wartawan dengan narasumber di lingkungan Pemkot Malang sangat tinggi terutama kepada Wali Kota. Selain itu mobilitas wartawan di Balai Kota Malang juga sangat tinggi dalam bekerja mencari informasi.

“Maka kami memandang betapa pentingnya memberi rasa aman dan nyaman kepada rekan rekan media, kami di humas juga demikian yang memang mobilitas kerjanya hampir sama dengan rekan wartawan,” tuturnya.

Dia menambahkan jika ada wartawan yang terkonfirmasi Covid-19 nantinya akan diarahkan untuk isolasi mandiri sesuai arahan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. Hal tersebut dilakukan untuk wartawan atau ASN yang tidak memiliki komorbid dan gejala.

Tindak lanjut lebih jauh dari hasil swab test tersebut, pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari Dinkes Kota Malang. Untuk hasil swab test nya, dia menyampaikan akan keluar 2 hingga 3 hari ke depan.

“Nanti akan ada arahan dari Dinkes, kalau sesuai SOP, harus isolasi mandiri bagi rekan-rekan media yang tidak disertai komorbid. Kedisiplinan menjaga diri dan istirahat cukup, serta asupan suplemen yang tepat, insya allah bisa segera pulih,” ujarnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh

Editor: Della Cahaya