Warga Krisis Air Bersih, Polres Nganjuk Beri Bantuan

Nganjuk, koranmemo.com – Kemarau panjang pada tahun ini mengakibatkan banyak sumber air yang tidak bisa digunakan. Seperti yang terjadi di Desa Gampeng Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk. Warga yang biasanya mengandalkan air sumur maupun sumber mata air lainnya menjadi kelimpungan.

Meski mendapat bantuan suplai air bersih dari BPBD Kabupaten Nganjuk dan instansi lainnya, namun hal itu dirasa warga masih kurang. Hari ini, Jumat (11/10/2019), Polres Nganjuk melakukan droping air bersih di Dusun Puncu desa setempat.

Dengan mengerahkan 1 unit mobil watercanon, Polres Nganjuk mengirimkan 22.000 liter air bersih yang diambil langsung dari sumber mata air Sedudo. “Ini merupakan wujud dari kepedulian kami kepada masyarakat,” ujar Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto di lokasi.

Handono menyebut, dalam mengatasi kekurangan air bersih ini, pihaknya bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Nganjuk dan jajaran samping serta instansi lainnya untuk melakukan droping.

“Hari ini kita suplai di tiga titik, dan bantuan ini akan berkelanjutan di seluruh wilayah Kecamatan Ngluyu. Kami bersama Muspika Ngluyu telah memetakan desa-desa yang kekurangan air bersih dan nantinya kita droping,” ungkapnya.

Langkah ke depan, kata Handono, dia juga sudah melakukan koordinansi dengan Pemkab Nganjuk untuk dapatnya melakukan pengeboran sumber mata air, agar setiap musim kemarau warga Kecamatan Ngluyu tidak kekurangan air bersih. “Sudah kita koordinasikan. Tinggal nunggu realisasinya,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Handono beserta Wakapolres Kompol David Triyo Prasojo dan para perwira jabatan utama (PJU) Polres Nganjuk sempat membawakan juriken, timba, maupun wadah air lainnya milik warga sampai ke rumah.

Bahkan, Kapolres Handono sempat melihat sumur salah satu warga yang memang mengalami surut air. “Sumur ini memang masih ada airnya, tapi tidak cukup jika dipergunakan, sehingga kami berikan bantuan air bersih,” tuturnya.

Ketika ditanya awak media mengapa diambilkan dari mata air Sedudo, perwira menengah asli Nganjuk ini mengatakan jika air Sedudo terkenal jernih. “Filosofinya menggunakan air sedudo kan bisa awet muda, jadi kita ambilkan air dari Sedudo agar warga sini tetap awet muda dalam menjaga keutuhan NKRI,” urainya.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date