Ini Protokol Kesehatan Bagi Warga Kediri yang Gelar Hajatan

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten Kediri memiliki protokol kesehatan bagi warga yang mengadakan hajatan di tengah Pandemi Covid-19. Agar masyarakat paham, aparat yang berwenang mensosialisasikan protokol kesehatan menggelar hajatan di tengah pandemi.

Forkompimca Kandat dan Ringinrejo,Selasa (11/8) siang melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dalam hajatan menantu, khitanan dan hiburan. Sosialisasi disampaikan kepada Kepala Desa di Kandat dan Ringinrejo. Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kepala Puskesmas Kandat dan Puskesmas Ringinrejo.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kandat dan Ringinrejo hadir dalam kegiatan ini ditambah dengan perwakilan Aliansi Paguyuban Sor Terop Kediri Raya perwakilan Kandat dan Ringinrejo. Sebelumnya tim Gugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Kediri memberi lampu hijau untuk pelaksanaan kegiatan manggung namun dengan catatan.

Kapolsek Kandat AKP Yusuf menyampaikan bahwa penerapan protokol kesehatan harus dan perlu dilakukan dalam hajatan. Setiap tamu yang datang wajib melakukan cuci tangan dengan sabun diair yang mengalir, kursi tamu harus berjarak, pakai masker dan ditempat hajatan tamu wajid diukur suhunya dengan thermogun.

“Ini harus dipahami dan benar-benar disosialisasikan oleh kepala desa,perangkat desa ataupun tim gugas Covid-19  tingkat desa. Petugas juga perlu hadir di acara tersebut untuk memantau kondisi dan situasi yang ada dalam pelaksanaan hajatan manten dan khitanan. Dengan maksud tidak lagi bertambah yang positif Covid-19 dari klaster hajatan manten atau khitanan,” ujarnya.

Baca Juga: Pekerja Seni dan Hiburan Demo, Ini Tuntutan Mereka

Baca Juga: Audiensi Puluhan Pekerja Seni dengan Ketua DPRD Kab. Kediri 

Ditambahkan, kondisi saat ini di Kabupaten Kediri masih tinggi untuk warga yang terpapar Covid-19 karenanya sangat penting menjaga diri dan menjaga keluarga. Sebelum acara dilakukan ada baiknya petugas melakukan penyemprotan disinfektan demikian untuk sesudah acara.

“Pengantin juga sangat perlu menggunakan masker, face shield ataupun protokol kesehatan lainya.  Hal yang sama juga untuk petugas yang menikahkan perlu mengenakan alat lengkap sehingga hal ini bisa mencegah penyebaran penularan Covid-19 di wilayah tersebut dan semuanya aman,” imbuhnya.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu