Warga Demo di Proyek Jalan Tol, Tuntut Akses Jalan Pertanian

Share this :

Ngawi, koranmemo.com –┬áPuluhan warga Dusun Tambakselo Timur, Desa Pelang Lor, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi menggelar aksi demo ke PT SNJ rekanan pelaksana jalan Tol Solo-Kertosono. Mereka menuntut akses jalan pertanian di dusun setempat untuk segera direalisasikan. “Kami minta akses jalan kami dikembalikan seperti sediakala,” kata Suwandi koordinator aksi.

Aksi warga dilakukan di area tol masuk STA 21-200 dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Senin, (15/01). Mereka menuntut jalan pertanian yang menghubungkan Dusun Tambakselo Timur menuju ke sawah segera dibangun setelah terdampak pembangunan tol yang menyebabkan akses jalan pertanian tersebut tertutup. “Cepat atau lambat kami minta untuk segera direalisasikan tuntutan kami,” terangnya.

Sesuai pantauan di lokasi, puluhan warga yang melakukan aksi unjuk rasa ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian khususnya dari Polsek Kedunggalar. Para warga ditemui langsung oleh salah satu pegawai PT SNJ, mereka membubarkan diri setelah ada keterangan dari pihak PT SNJ.

“Sesuai yang dikatakan pihak SNJ, mereka diarahkan untuk membuat surat kepada Bupati Ngawi terkait tuntutan itu,” kata Kapolsek Kedunggalar AKP Sukisman.

Menurutnya, PT SNJ bisa merealisasikan jika jalan pertanian yang dimaksudkan itu dibuat secara melingkar. Namun tawaran itu pun langsung ditolak mentah-mentah oleh warga dengan alasan jarak dan jangkuanya apabila dibangun dengan cara melingkar akan menyita waktu tempuh dan kurang efektif.

“Sempat ada negosiasi antara warga dan PT SNJ, tapi warga menolak. Kemudian diberikan solusi membuat surat permohonan ke Bupati Ngawi. Sebab, tuntutan itu bukan kewenangan PT SNJ melainkan Bupati Ngawi,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, perwakilan pihak PT SNJ yang ada dilokasi saat aksi demo berlangsung enggan dimintai keterangan. Pihaknya beralasan bahwa bukan kewenangannya untuk menjawab hal tersebut. “Langsung konfirmasi ke kantor saja, saya tidak mempunyai wewenang disini,” pungkas salah satu pegawai PT SNJ.

Reporter: Dika Abdillah/ Juremi

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.