Warga Blitar Selatan Langganan Bencana Kekeringan, Polres Bantu 12 Ribu Liter Air Bersih

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Polres Blitar mengadakan bakti sosial membantu warga di kawasan Blitar selatan yang kekurangan air bersih di Dusun Nyamil Desa Ngeni Kecamatan Wonotirto, Sabtu (10/8). Hampir setiap tahun warga yang berada di kawasan itu mengalami kekeringan saat musim kemarau melanda.

Jajaran Kepolisian Polres Blitar langsung mendatangi Dusun Nyamil Desa Ngeni Kecamatan Wonotirto sebagai salah satu daerah yang terdampak kekeringan. Membawa dua armada mobil tangki air milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Polres Blitar memberikan air bersih sebanyak 12 ribu liter kepada warga setempat. Sudah tiga bulan terakhir daerah tersebut kesulitan mendapatkan air bersih.

Sumaji salah satu warga mengaku senang dengan kegiatan yang diadakan oleh Polres Blitar tersebut. Pasalnya, selama tiga bulan terakhir dia dan warga lainnya harus membeli air bersih Rp 180 ribu per 10 liter. Sedangkan jika tidak membeli, warga harus mengambil sejauh 2 kilometer dan itu harus antre ber jam – jam.

“Sudah tiga bulanan ini susah dapatkan air bersih. Ada sumber mata air tapi dari sini jauh sekitar 2 kilometer itu harus antre dengan warga lain, paling cepat antrenya 3 jam,” katanya.

Kapolres Blitar AKBP Anisullah M. Ridha yang ikut langsung membagikan air bersih berharap, dengan bantuan tersebut bisa meringankan warga dalam menghadapi musim kemarau ini.

“Kegiatan sosial yang kita lakukan bersama pemerintah daerah mendroping air bersih untuk warga. Ada dua armada mobil tangki air yang kita bawa, masing masing membawa 6 ribu liter air,” kata Kapolres.

Pembagian air bersih gratis itu disambut gembira oleh masyarakat. Bahkan, Kapolres yang memimpin langsung bakti sosial itu langsung dikerubungi ratusan warga yang datang dengan membawa membawa tong, jerigen dan ember. Warga dengan tertib berbaris menanti giliran mendapatkan air bersih.

Reporter Zayyin multazam sukri

Editor Achmad Saichu