Wali Kota Madiun Jadi Orang Pertama yang Divaksin Covid-19

Madiun, koranmemo.com – Wali Kota Madiun Maidi akan menjadi orang pertama yang melakukan vaksinasi Covid-19 di lingkup Pemerintahan Kota Madiun.

Selain forkopimda, tenaga kesehatan (nakes) menjadi prioritas vaksin sinovac tersebut. Sambil menunggu jatah vaksinasi didistribusikan ke daerah, Pemkot melakukan sosialisasi kepada calon penerima vaksin.

“Hari ini kita sosialisasikan tadi saya cek dari jumlah dan siapa yang dapat hari ini di rekap, sasaran sosialisasi adalah yang kita vaksin dulu. Vaksin jumlahnya berapa dapatnya terbatas berarti tenaga medis dulu, setelah nakes mungkin yang kontak dengan masyarakat banyak,” kata Maidi Senin (11/1).

Pihaknya belum tahu berapa jumlah vaksin yang akan diberikan oleh Pemerintah Pusat. “Pelayanan yang sifatnya sering ketemu masyarakat kita prioritaskan. Lansia tolong dirumah saja, dan orang orang yang tidak ada kepentingan lebih baik dirumah saat ini kondisinya kurang baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, teknis vaksinasi Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) Kota Madiun Denik Wuryani, menjelaskan bahwa satu data vaksin yang menentukan adalah Pemerintah Pusat. “Untuk Kota Madiun data yang ada, total seluruh diperkirakan sekitar 4.000 nakes,” jelasnya.

Namun, dari 4.000 nakes yang masuk dalam data SDMK masih diragukan akan mendapatkan jatah vaksin secara keseluruhan. Karena memang mekanisme Dinkes-KB Kota Madiun hanya mengisi sistem SDMK dan tidak mengusulkan jumlah nakes yang akan dilakukan vaksinasi. “Apakah itu akan masuk semua ke satu data, kita belum tahu. Karena yang menentukan semua sasaran baik nakes atau yang lain itu dari Pusat,” lanjutnya.

Selain sosialisasi, tenaga vaksinator juga turut disiapkan jika sewaktu-waktu vaksin mendarat di Kota Madiun. Dan alat untuk menyimpan juga sudah tersedia dan diprediksikan cukup.

Reporter : Radifa Aliya Putri/ Juremi
Editor: Della Cahaya