Wali Kota Kediri Ungkapkan 10 Program Unggulan

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Menyongsong perencaan dan pelaksanaan Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2020-2024 Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan 10 program unggulan pada visi misi yang akan menyempurnakan pembangunan daerah. Program ini meliputi berbagai bidang, baik pemerintahan, kesehatan, pendidikan, sosial, dan ekonomi.

Mas Abu sapaan akrab Wali Kota Kediri mengatakan, dalam rangka mewujudkan Kota Kediri yang maju dan nyaman, Pemerintah Kota Kediri menetapkan visi RPJMD Kota Kediri tahun 2020-2024 yakni “Kota Kediri Unggul dan Makmur dalam Harmoni”. Yang di dalamnya terdapat 10 program unggulan yang akan mulai dilaksanakan tahun ini.

Adapun program tersebut antara lain, prodamas plus, service city cardopen and clean government, asuransi kesehatan universal atau universal health coveragehome care untuk kondisi darurat, lansia dan balita. Selanjutnya pendidikan gratis dan berkualitas, pengembangan usaha milik RW atau koperasi RW, penciptaan 15.000 wirausaha baru, satu kelurahan satu Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan kampung Keren (kreatif dan independen).

“Di Kediri ini kan banyak warga berusia produktif bonus demografinya sudah sejak tahun 2018. Sehingga Pemerintah Kota Kediri akan mencoba menyambungkan mereka dengan market place . Saat ini yang sudah tersambung dengan kita Buka Lapak dan Gojek yang sudah mulai sounding karena mereka menginginkan UMKM bayarnya dengan go-pay,” ungkap walikota muda berusia 38 tahun ini.

Melihat masa depan Kota Kediri yang sangat menjanjikan, Wali Kota Kediri memiliki pandangan strategis untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada masa depan. Capaian-capaian pembangunan di Kota Kediri akan atur supaya memiliki arah yang jelas dan tentunya berdampak bagi masyarakat.

“Saya lihat arah pembangunan di Kota Kediri sudah bagus. Tapi disini saya jelaskan pada masyarakat agar pembangunannya lebih berkelanjutan. Sehingga kota ini layak dan nyaman untuk ditempati,” jelasnya.

Cita-cita Kota Kediri untuk menjadi lebih baik kedepan bukan menjadi omong kosong belaka. Ini dibuktikan dari prestasi yang diapat dari beberapa bidang. Banyak prestasi yang bisa dipertahankan dan tak sedikit pula yang bisa meningkat pada setiap tahun.

Adapun prestasi ini antara lain adalah meingkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Kediri mencapai 77,13, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,47 persen, tingkat kemiskinan 7,68 persen, tingkat pengangguran terbuka 3,63 persen dan inflasi di Kota Kediri yang turun diangka 1,97 persen.

Selain itu Kota Kediri juga mampu mencapai target kinerja RPJMD, dalam lima tahun ini Pemerintah Kota Kediri telah meraih beberapa penghargaan. Diantaranya, sebagai TPID terbaik se-Jawa Bali selama dua tahun berturut-turut, lima terbaik penyelenggaraan PTSP terbaik se-Indonesia tahun 2018, penghargaan sebagai kota layak anak tingkat madya, Anugerah Parahita Ekapraya (APE), adipura, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan SAKIP dengan nilai BB. (adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date