Wali Kota Ingin Karnaval Kota Batu Dipromosikan Tingkat Nasional

Share this :

Batu, koranmemo.com – Pemerintah Kota Batu, menggelar karnaval dalam memperingati HUT ke-74 RI. Beragam produk unggulan khas Kota Batu ditampilkan oleh para peserta yang terdiri dari 24 Desa/Kelurahan yang ada di Kota Batu,Sabtu (24/08), di sepanjang Jalan Panglima Sudirman Kota Batu. Mereka membawa hasil bumi berupa sayur-sayuran dan buah-buahan seperti Apel yang menjadi ciri khas Kota Batu.

   Selain itu, para peserta juga menggunakan pakaian adat daerah, dari berbagai macam suku yang ada di Indonesia.Tak hanya dari Desa/Kelurahan saja, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga mengikuti event tahunan tersebut.

   Setiap peserta yang terdiri dari puluhan orang tersebut berjalan di sepanjang Jalan Panglima Sudirman.Kemudian mereka menunjukkan aksinya di depan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso dan segenap Forkopimda serta jajaran OPD di lingkungan Pemkot Batu.

   “Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Seluruhnya tampil dengan penuh kreasi dan dipadukan dengan tampilan yang sangat kreatif,” ucap Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

    Pada kesempatan itu pula Dewanti juga memuji busana yang dipakai oleh para peserta karnaval.Menurutnya, busana yang dipakai oleh peserta melambangan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Dikarenakan, semua pakaian adat banyak ditonjolkan dalam gelaran karnaval tersebut.

   “Ini yang bagus, semua menampilkan budaya yang melambangkan kesatuan dan persatuan bangsa. Hal ini yang menjadi akar budaya kita demi jayanya indonesia,” ucapnya.

   Dewanti berharap, karnaval yang ada di Kota Batu ini semoga bisa lebih baik dari tahun ke tahun.Bukan tidak mungkin baginya, karnaval ini akan dinaikkan statusnya ke tingkat nasional maupun internasional.

   Hal itu dilihat dari animo yang luar biasa dari para peserta dan antusias yang tinggi pula ditunjukkan oleh masyarakat Kota Batu.

   “Memang Kota Batu identik dengan kota karnaval. Jadi masyarakatnya sangat antusias dalam melihat karnaval ini. Dari sinilah nanti kita akan belajar untuk mengemas sebuah acara agar lebih baik lagi di masa depan,” ucapnya.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu