Wali Kota Batu Turun Tangan Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Panderman

Batu, Koranmemo.com – Kebakaran lahan hutan di Gunung Panderman Kota Batu yang sejak Minggu (21/07) malam hingga saat ini belum teratasi, membuat Wali Kota Hj Dewanti Rumpoko ,langsung turun tangan,dengan memberikan pengarahan terhadap tim gabungan pemadam kebakaran,Senin (22/07) siang.

Wali Kota Batu meminta supaya kebakaran tidak merembet ke perkampungan atau lahan produktif terlebih saat ini ada 3 titik yang terbakar di lahan 40 hektar.

Kabag Humas Pemerintah Kota Batu Suliyanah, menyampaikan, Wali kota langsung terjun sendiri memberikan arahan kepada tim gabungan.

“Tim gabungan langsung diberi arahan berkaitan dengan operasi pemadaman kebakaran, yang tak kunjung padam, “kata Suliyanah,Senin (22/07).

Pihak Pemkot Batu dengan kejadian ini menetapkan Tanggap Darurat dan segera diminta membuat beberapa posko diantaranya pos komando di Pos Panderman, selain itu Incident Commander langsung dipimpin Sekda Kota Batu.

Selain itu pihaknya meminta dalam pelaksanaannya diharap sesuai dengan SOP. “BPBD tetap sebagai pemegang fungsi koordinator dan komando mengoptimalkan sumberdaya manusia yang ada, dan perlu penambahan sarana dan prasarana,” ucapnya.

Wali Kota Batu juga menyampaikam jika perlu dilakukan penyiraman dari udara, pihaknya bakal meminta bantuan dari TNI Angkatan Udara.

“Saat ini tim gabungan Pemadaman Kebakaran Hutan Gunung Panderman yang dibagi menjadi 3 tim tersebut, sejak Pukul 08.36 WIB, sedang melakukan upaya pemadaman kebakaran dan penyisiran pendaki,” imbuhnya.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date