Wajib Pakai Masker Mulai Berlaku Menyeluruh di Ngawi

Ngawi, koranmemo.com  – Pemerintah Kabupaten Ngawi telah memberlakukan zona wajib bermasker secara menyeluruh di wilayah Ngawi, mulai Senin (20/4).

“Kita mulai mewajibkan bermasker hari ini (kemarin,red),” kata Bupati Ngawi Budi Sulistyono atau akrab dipanggil Kanang ini, Senin (20/4).

Menurutnya, hasil laporan pemantauan dilakukan tim, kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker setiap keluar rumah sudah semakin baik.

Dia menyebut sudah sekitar 95 persen warganya yang menaati imbauan tersebut. Hal itu tidak lepas dari gencarnya sosialisasi yang dilakukan dalam beberapa waktu terakhir. “Alhamdulillah sudah cukup bagus hasilnya,” katanya.

Selain imbauan wajib bermasker, Kanang juga menjelaskan terkait upaya penyekatan beberapa akses di desa-desa.

Hal itu sengaja dilakukan untuk membatasi akses keluar masuk desa setempat. “Supaya lebih terkontrol saja, makanya setiap desa akses keluar masuknya dikurangi menjadi satu atau dua,” jelasnya.

Pihanya kembali menegaskan agar warga Kabupaten Ngawi menunda untuk mudik. Namun, jika terpaksa harus pulang kampung maka wajib menaati ketentuan yang sudah ditetapkan.

Para pemudik wajib melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. Kami sudah minta semua desa menyediakan tempatnya, bisa di kantor desa, Puskesmas atau di gedung sekolah. “Yang mau isolasi mandiri untuk yang mau disiplin, kalau tidak disiplin akan diisolasi paksa,” pungkasnya

Reporter Andika Abdilah/Juremi
Editor Achmad Saichu