Wabah Coronavirus Semakin Berbahaya Bagi Usia Lanjut

Share this :

Beijing, koranmemo.com – Virus Covid-19 yang menyebabkan wabah coronavirus, semakin berbahaya seiring dengan semakin tua usia seseorang. Berdasarkan data yang dirilis oleh Pemerintah China pada Selasa (18/2), wabah mematikan yang melanda China dan setidaknya 25 negara, telah merenggut 1.868 nyawa dan menginfeksi 72.436 warga.

Penelitian yang dilakukan oleh pusat pengendalian penyakit China (CCDC) mengatakan, 80 persen pasien yang terinfeksi virus Covid-19 tidak menderita gangguan pernapasan yang parah. Penelitian yang melibatkan data dari 44.672 pasien coronavirus dari seluruh China menemukan, 4,7 persen pasien mengalami kondisi kritis dan 13,8 persen yang mengalami masalah pernapasan akut akibat virus covid-19.

Melihat dari klasifikasi usia pasien wabah coronavirus, pasien yang berumur 80 tahun atau lebih adalah yang paling tinggi risiko kematiannya yaitu sebesar 14,8 persen. Pada posisi kedua, pasien dengan usia 70-an tahun memiliki tingkat kematian hingga 8 persen dan untuk usia 60-an tahun tingkat kematiannya sudah menurun drastis hingga 3,6 persen.

Tingkat kematian yang masih di atas 1 persen adalah pasien dengan usia 50-an tahun dengan tingkat kematian 1,3 persen. Sedangkan untuk usia 40-an tahun tingkat kematiannya sebesar 0,4 persen dan untuk usia 0-39 tahun, tingkat kematiannya sangat rendah yang hanya sebesar 0,2 persen. Jika melihat tingkat kematian secara keseluruhan berdasarkan jenis kelaminnya, pria memiliki rasio kematian yang lebih besar daripada wanita terhadap wabah ini.

Seiring dengan rilisnya penelitian ini, organisasi kesehatan dunia (WHO) juga mengatakan jika virus Covid-19 tidak semematikan seperti yang dibayangkan. ”Sepertinya virus Covid-19 tidak semematikan SARS atau MERS yang juga disebabkan oleh keluarga virus corona,” ujar Ketua WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip dari The Guardian.

Terkait penurunan tingkat penularan virus Covid-19, penelitian ini menyatakan jika penurunan yang terjadi dapat membuktikan jika isolasi pada wilayah yang terdampak dan kampanye mengenai pencegahan virus Covid-19 cukup berhasil. Namun begitu, perpindahan warga merupakan suatu hal yang sangat sulit untuk dicegah dalam waktu lama, padahal hal itu merupakan suatu tindakan yang paling cepat untuk menyebarkan virus.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya