Wabah Corona, Pemkab Kediri segera Kirim Masker untuk PMI di Luar Negeri

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Di Kabupaten Kediri per 31 Desember 2019 tercatat ada 5181 jiwa  Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri dalam hal ini Hong Kong, Taiwan, Singapura, Korea,  Jepang, Malaysia dan Arab Saudi.

Mengingat sedang mewabah virus Corona terutama di China, maka pengiriman harus selektif. PPMI diharapkan kooperatif dengan  Disnaker.

Hal tersebut disampaikan  Dwi Hari Suwarno  Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Kediri melalui Jumadi Kabid Tranmigrasi dan Penempata Kerja.

“Kami sudah koordinasikan ini dengan Disnaker Provinsi Jawa Timur dan Kementerian Tenaga Kerja RI terkait harus selektifnya pengirman PMI ke luar negeri. Dengan harapan pekerja baru tersebut tidak terpapar virus ini sehingga menimbulkan beban bagi keluarga dan masyarakat lainya,” ujarnya, Selasa (11/2).

Ditambahkan Jumadi, untuk PMI yang pulang ke daerah masing-masing karena cuti dan masa kontrak habis hendaknya perlu medical chek up total  dinegara penempatan. Kalau kondisi dinyatakan sehat bisa pulang kalu tidak bisa ditunda dulu. Ini upaya menjaga kondisi keluarga di daerah asal.

“Harus dilakukan pemeriksaan total agar tidak menjadi beban di keluarga. Karena medical chek up penting  untuk mengetahui kondisi tubuh PMI. Hal ini perlu diutamakan agar tidak menyebar ke keluarga jika PMI terpapar virus Corona.  Jika ada PMI yang terpapar virus Corona ini hendaknya koordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia negara setempat,” imbuhnya.

Terkait pengiriman masker ke luar negeri, Pemkab Kediri akan mengirimkan masker dari daerah ke tempat PMI bekerja. Mengenai waktunya masih dalam kajian pihak terkait di Pemkab Kediri. Ini upaya pencegahan agar wabah Corono tidak menyebar dan berdampak pada PMI asal Kabupaten Kediri.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date