Virus Corona Merebak, Tes CPNS Tahap SKB Ditunda

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pengumuman tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diumumkan pemerintah Senin (23/3) hingga Selasa (24/3). Sedangkan untuk pelaksanaan tes tahap berikutnya adalah tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan dilaksanakan Rabu (25/3) pagi.

Namun mengacu pada surat BKN No K-26 -30/V  205-4/99 tentang jadwal pelaksanaan tes CPNS 2019 dan terkait status tanggap darurat siaga bencana Covid 19, maka pelaksanaan tes CPNS tahap SKB ditunda dan belum dipastikan kapan akan dimulai. Karena hari dan tanggal yang sudah ditentukan masih masuk tanggap darurat.

Dr. Mohamad Solikin M.Ap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri melalaui Andri Sugianto Plt Kabid Pengembangan dan Kesejahteraan BKD Kabupaten Kediri menjelaskan terkait hari penundaan untuk SKB belum ditentukan jadwalnya oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019. Karena kondisinya memang seperti saat ini dan perlu ditingkatkan  kewaspadaan.

“Karena hal ini terkait mengumpulkan banyak orang dan peserta lebih, kami tidak berani memutuskan sendiri. Kami akan menunggu kebijakan lanjutan dari Pemerintah Pusat terkait pola penyelenggaraan mekanisme SKB setelah ditunda 25 Maret. Sudah tentu kita ikuti mekanisme yang ada dan tidak menabrak aturan yang telah ditentukan,” ujarnya.

Andri berharap kepada peserta test CPNS yang lolos untuk tahap SKB  ini bisa memahami kondisi yang ada saat ini. Karenanya kondisi kekinian yang sangat urgen untuk keamanan dan kenyamanan bersama maka penundaan adalah langkah terbaik. Selanjutnya untuk pengumuman akan disampaikan jika kondisi sudah pulih.

“Kita tahu kebijakan ini dilakukan oleh pemerintah pusat adalah keputusan terbaik untuk keselamatan calon peserta. Secara umum untuk formasi yang akan diterima sebagai CPNS di lingkup kerja Pemkab Kediri sebanyak 698 orang dari 6000 lebih pendaftar yang ikut SKD bulan lalu,”imbuhnya.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu