Verifikasi Faktual, Temukan Anggota Parpol Tak Penuhi Syarat

Share this :

Jombang, koranmemo.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang ketika melakukan verifikasi faktual mulai 1-11 November sebagai persyaratan pemilu 2019, menemukan anggota partai yang tidak memenuhi syarat (TMS) karena tercatat masih berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri hingga berdomisili di luar Kabupaten Jombang.

”Jadi, usai kami lakukan rekapitulasi dari 14 berkas partai yang masuk. Ada temuan anggota partai tidak memenuhi syarat. Saat ini untuk jumlah masih direkap,” kata Atoillah, Komisioner KPU Divisi Hukum kepada wartawan, Rabu (15/11).

Persoalan lain, lanjut Atoillah, temuan data anggota satu partai ditemukan ganda alias sama dengan anggota partai lain. Padahal sesuai aturan, setiap orang hanya diperbolehkan bergabung dalam satu parpol.

”Beberapa ketentuan yang menyalahi administrasi juga ditemukan. Seperti usia minimal anggota parpol yang dimaksud belum genap 17 tahun. Ini kan jelas belum sesuai dengan sistem informasi partai politik (Sipol),” ungkapnya.

Tahapan verifikasi faktual dilakukan dengan mendatangai satu per satu anggota yang dimaksud. Pihaknya mengajukan beberapa pertanyaan untuk menentukan keabsahan data setiap anggota parpol.

“Misalnya, bagi anggota yang namanya ditemukan lebih dari satu parpol. Maka kita tanya mereka apakah hal itu benar. Jika iya, kita tanya lagi ikut bergabung ke partai mana,” ujarnya.

Masih menurut Atok, sesuai aturan masing-masing parpol harus memiliki anggota paling sedikit 1.000 atau satu per seribu dari jumlah penduduk. Namun, jika setelah verifikasi faktual anggota mereka berkurang. KPU memberi kesempatan perbaikan.  Dimana setiap parpol  bisa melakukan koreksi terhadap anggota mereka.

”Jadi nanti bisa dikurangi bisa ditambah sesuai dengan ketentuan yang ada di Sipol. Setelah verifikasi faktual rampung, teman-teman (KPU) akan turun ke – 21 kecamatan. Ini untuk memastikan jumlah dan anggota tersebut valid atau tidak,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.