Vaksinasi Covid di Kota Madiun Diprediksi Februari 2021

Madiun, Koranmemo.com – Wali Kota Madiun Maidi memperkirakan program vaksinasi atau penyuntikan vaksin virus corona (Covid-19) dari perusahaan asal China, Sinovac, di Kota Madiun bakal mulai dilakukan pada Februari 2021.

“Untuk Kota Madiun nanti bulan Februari mungkin, kita tunggu saja nanti koordinasi dengan Pusat. Kalau memang cepat tidak masalah,” kata Maidi, Rabu (13/1).

Pihaknya menekankan agar seluruh kesiapan untuk menyambut kedatangan vaksin sudah dipersiapkan secara matang. Baik tempat penyimpanan, fasilitas kesehatan (Puskesmas/ Rumah Sakit) untuk dilakukan vaksinasi, maupun tenaga vaksinator yang terlatih.

Sisi lain, pihaknya belum bisa memprediksi berapa jumlah vaksin yang akan didapat. “Kalau bisa kita minta yang banyak. Tapi kalau tidak bisa ya sesuai jatah yang ditentukan oleh provinsi,” lanjutnya.

Untuk anggaran vaksin yang disiapkan oleh Pemerintah Kota dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 sebesar Rp 3,1 miliar sementara ini masih belum tersentuh, lantaran vaksin yang didapat dari pusat diberi secara gratis. “Sementara ini (vaksin,red) tidak bayar. Anggaran APBD belum dikeluarkan, tidak bayar ya tidak ada, semua masih gratis,” jelasnya.

Dari data tenaga kesehatan (nakes) Kota Madiun yang menjadi prioritas dan terdata pada Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (Sis SDMK) sebanyak 4.400 nakes. Namun, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) setempat tidak menjanjikan jika nakes yang terdata akan mendapatkan vaksin secara keseluruhan pada gelombang ini. “Nakes yang sudah memasukan entri data (Sis SDMK) disana kemungkinan sudah masuk datanya, tapi memang bertahap, tergantung kemampuan Pemerintah,” ujar Kepala Dinkes-KB Denik Wuryani.

Untuk tim vaksinasi sendiri pihaknya sudah dalam formasi, terdapat enam Puskesmas dan Rumah Sakit ditunjuk sebagai fasilitator kegiatan vaksinasi. Dengan total 12 tenaga vaksinator, menyusul 10 calon vaksinator yang masih melakukan pelatihan dari Provinsi. “Untuk tempat penyimpanan vaksin di gudang perbekalan farmasi, sudah disiapkan,” sambungnya.

Reporter : Radifa Aliya Putri – Juremi
Editor : Della Cahaya