Usulan Ditolak, Anggaran Pilkades 2019 di Blitar Tetap Rp 50 Juta

Blitar, koranmemo.com – Usulan penambahan anggaran penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) 2019 pada APBD 2019 tidak disetujui. Sehingga anggarannya tetap sama seperti tahun 2018, yakni Rp 50 juta setiap desa. Sementara akhir 2019 nanti, Pemerintah Kabupaten Blitar kembali menggelar pemilihan kepala desa serentak terhadap 164 desa.

“Kita sudah mengusulkan adanya kenaikan anggaran yang diterima tiap desa penyelenggara Pilkades, namun nyatanya usulan tersebut tidak disetujui karena adanya beberapa pertimbangan dari tim anggaran Kabupaten Blitar. Jadi anggarannya masih sama seperti tahun 2018,” kata Suhendro Winarso, Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Blitar, Kamis (31/01).

Dijelaskan, sebenarnya pihaknya mengusulkan penambahakn Rp 10 juta untuk setiap desa. Sehingga anggaran penyelenggaraan Pilkades di masing-masing desa mencapai Rp 60 juta. Menurutnya, usulan kenaikan ini dilakukan atas dasar beberapa pertimbangan, salah satunya adalah harga barang keperluan Pilkades serentak yang diperkirakan akan naik.

“Saya kira dengan anggaran Rp 50 juta masih cukup. Karena melihat perkembangan yang ada, tidak ada kenaikan harga barang yang cukup signifikan,” pungkasnya.

Dijelaskan, anggaran penyelenggaraan Pilkades bakal langsung digelontorkan ke tingkat Kecamatan. Kemudian pihak Kecamatan akan mentransfer ke masing-masing desa penyelenggara Pilkades serentak. “Saat ini tahapan penyelenggaraan Pilkades serentak 2019 belum dimulai. Perkiraan enam bulan sebelum hari H,” imbuhnya.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date