Rekapitulasi KPU Kota Kediri, Pasangan Jokowi-Ma’ruf Unggul Telak

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Di Kota Kediri pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul telak pada rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (02/05/2019).

“Alhamdulillah semua berjalan lancar,  saksi tidak ada yang protes keberatan. Hasil pemilu presiden di Kota Kediri, pasangan nomor urut 01 mendapatkan 143.991 suara, sedangkan pasangan nomor urut 02 memperoleh 38.955 suara,” kata Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik.

KPU Kota Kediri telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara manual tingkat kota. Data dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kota, Pesantren dan Mojoroto telah selesai dihitung.

Di Kota Kediri, daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 201.850 jiwa. Jumlah itu belum termasuk daftar pemilih tambahan (DPTb) yang diputuskan sebanyak 8.731 pemilih.

Tercatat suara sah pada Pemilu 2019 sejumlah 182.946 dan tidak sah 3.852 suara, sehingga total suara sah dan tidak sah sebanyak 186.798.

Untuk selanjutnya, tambah Gus Rofik, KPU segera menyampaikan hasil rekapitulasi suara manual Pemilu 2019 kepada para saksi.

Mereka mendapatkan berita acara, baik dari pasangan nomor urut satu maupun nomor urut dua. Selain itu, juga partai politik dan tim DPD.

“Kami juga sampaikan ke bawaslu, setelah itu dikirim ke provinsi untuk jenis pemilihan yang direkap untuk provinsi. Kalau yang DPRD Kota Kediri sudah langsung kami tetapkan dalam bentuk SK dan akan dikirimkan juga ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jatim untuk ditetapkan hasil pemilu secara nasional,” kata dia.

Ia juga menambahkan untuk saat ini belum pada tahap penetapan calon terpilih, melainkan pada hasil suara. Nantinya akan dilakukan penetapan secara nasional hasil pemilu itu oleh KPU RI, baru dilakukan penetapan calon terpilih dan perolehan kursi.

Sementara itu, Kepala Polresta Kediri AKBP Anthon Haryadi mengatakan pemilu serentak di wilayah hukum Polresta Kediri berjalan aman dan kondusif.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada TNI dan seluruhnya, karena partisipasi semua pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Kediri bisa berlangsung aman dan kondusif,” kata dia.

Ia menambahkan bahwa semua saksi juga sudah sepakat dengan hasil keputusan KPU Kota Kediri, tetapi untuk pengamanan tetap dilakukan hingga tahapan pemilu selesai.

“Semua sudah sepakat baik peserta pemilu maupun saksi. Sudah ditetapkan hasil rekapitulasi di Kota Kediri dan malam ini akan dikirim. Kami tetap sesuai dengan SOP untuk pengawalan dengan TNI sampai tuntas,” kata dia.

Terkait personel yang diturunkan dalam pengamanan rekapitulasi yang dilakukan di salah satu hotel Kota Kediri itu, Kapolresta mengatakan menerjunkan 70 personel dimana 50 orang di antaranya dari polisi dan sisanya TNI.(adv)

Editor Bambang Iswahyoedhi