Usai Kota Blitar, Giliran di Kabupaten Ditemukan Benda Purbakala

Share this :

Blitar, koranmemo.com- Istilah Blitar yang sering kali disebut sebagai Bumi Laya Ika Tantra Adi Raja (Kota Pusara Para Raja) nampaknya bukan isapan jempol belaka. Pasalnya setelah sebelumnya ditemukan Candi di Kota Blitar, kali ini kembali ditemukan sejumlah benda yang diduga Cagar Budaya yang berlokasi di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Total, terdapat 19 benda yang ditemukan. Tepatnya 9 benda di sekitaran aliran sungai Mbesi dan 10 di areal pemakaman Suko. Syamsul Arifin, Sekretaris Desa Gandusari, mengatakan, benda yang ditemukan itu memiliki jenis yang bermacam. “Benda yang ditemukan berupa patung arca, Ganesha, lesung, batu seperti tugu dan batu yang terdapat lukisan di permukaanya,” katanya Jumat (16/10).

Ia menjelaskan, benda-benda semacam itu sebenarnya sudah sejak lama ditemukan oleh warga sekitar. Namun karena pengetahuan yang terbatas, banyak warga yang tidak menyadari tentang nilai sejarah dari benda-benda tersebut.

Syamsul mengaku, pihaknya baru merencanakan langkah-langkah tindak lanjut setelah melakukan konsultasi dengan penggiat cagar budaya Blitar.
“Kronologis awal penemuan benda ini adalah saat warga membuat saluran air menuju areal persawahan,” tuturnya.

Selain dengan penggiat cagar budaya, pihak desa juga melakukan konsultasi dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpar) Kabupaten Blitar.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Disparbudpar Kab Blitar, Suhendro Winarso, mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap lokasi penemuan benda tersebut dan akan melakukan penelitian lebih lanjut. “Nanti kami akan melibatkan tim ahli untuk meneliti benda-benda tersebut,” tuturnya.

Reporter: Saifudin/Abdul Aziz Wahyudi

Editor Achmad Saichu