Usai Edarkan Pil Dobel L, Buruh Tani Diamankan

Nganjuk, koranmemo.com – Unit Opsnal Satreskoba Polres Nganjuk menggagalkan peredaran ribuan pil dobel L yang hendak dilakukan oleh Pujiono alias Sogon (27) warga RT 02/RW 02 Desa Balongrejo Kecamatan Berbek.

Buruh tani ini dicokok petugas di rumahnya setelah sebelumnya petugas mengamankan dua pemuda yang sedang pesta miras di pinggir lapangan Kelurahan Jatirejo Kecamatan/kabupaten Nganjuk, Sabtu (18/5/2019) sekitar pukul 22.00 WIB.

“Barang bukti yang diamankan 1288 butir pil dobel L, uang hasil penjualan sebesar Rp 100 ribu, sebuah kantong plastik warna hitam, dan sebuah ponsel sebagai sarana transaksi,” ujar Kasubbag Humas Polres Nganjuk, AKP Moh. Sudarman, Minggu (19/5/2019).

Sudarman mengungkapkan, diringkusnya pengedar pil dobel ini berawal saat Unit opsnas satresnarkoba Polres Nganjuk melakukan penyelidikan terkait peredaran obat terlarang di wilayah Kecamatan Nganjuk.

“Waktu itu petugas mencurigai dua orang pemuda yang berada di pinggir lapangan Kelurahan Jatirejo, yang pada saat itu sedang minum minuman keras jenis arak jowo,” urainya.

Selanjutnya petugas melakukan interogasi kepada kedua pemuda tersebut. Setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan 36 butir pil dobel L yang disimpan di saku celana depan sebelah kiri salah seorang pemuda tersebut. “Keduanya mengaku mendapat pil koplo itu dari tersangka Sogon,” jelas Sudarman.

Mendapat keterangan, petugas langsung gerak cepat mencari keberadaan Pu alias Sogon di rumahnya. Alhasil dia dapat diringkus bersama barang bukti dan digelandang ke Mapolres Nganjuk untuk proses hukum lebih lanjut.

“Tersangka tanpa keahlian dan kewenangan dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan sebagaimana dimaksud dalam uraian pasal 196 Jo pasal 98 ayat (2), (3) UURI No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan,” pungkasnya.

Reporter : Muji Hartono

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date