Urus Pajak Bisa Sambil Jalan-jalan di Mal

Sidoarjo, koranmemo.com – Kini mengurus berbagai hal terkait perpajakan lebih mudah dan cepat. Hal itu didukung dengan dibukanya stand pojok pajak di Lippo Mal yang berada di sisi barat pintu Tol Sidoarjo itu.

Stand pojok pajak  dibuka mulai Selasa 27 Maret hingga tanggal 31 Maret mendatang. Dibuka pada jam operasional mal, yakni mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.Di tempat tersebut bisa melakukan konsultasi perpajakan, lapor e-filing, lupa Efin, konsultasi e-billing dan berbagai urusan lain seputar perpajakan bisa diselesaikan sambil jalan-jalan di mal.

Ita Yuli Astuti, warga Sidotopo Surabaya yang bekerja di pabrik Maspion II di Buduran Sidoarjo ini mengaku puas. Dirinya juga mengaku melihat stand pojok pajak ini saat sedang jalan-jalan ke Mal sehingga bisa merasakan pelayanan terbaik yang diberikan saat sedang berbelanja.

“Kebetulan saya belum lapor SPT tahunan. Tadi pas jalan di sini kok lihat ada stand pajak. Setelah itu coba tanya-tanya ke petugas jaga ternyata bisa melayani laporan SPT saya,” ujarnya usai melaporkan SPT-nya, Selasa, (27/3/2018).

Hal serupa dirasakan Elis, dirinya mengaku tidak perlu bersusah payah dengan mengantre seperti saat di kantor pajak.

“Kebetulan kartu NPWP saya hilang, nomor Efin juga lupa. Makanya datang ke sini untuk mengurusnya. Kebetulan pas lewat lihat ada layanan pajak,” jawabnya.

Lebih lanjut Elis mengatakan, dengan waktu sekitar dua menit dirinya bisa menyelesaikan urasannya tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Jatim II, Nyoman Ayu Ningsih mengungkapkan pihaknya sengaja memilih membuka stand di mal atau pusat-pusat perbelanjaan agar jangkauan pelayanan lebih maksimal.

“Khususnya Wajib Pajak (WP) yang tidak punya waktu untuk datang ke kantor pajak. Tujuannya memang untuk mendekatkan layanan dengan masyarakat. Agar jangkauan pelayanan bisa lebih luas,” paparnya.

Lebih jauh Nyoman mengatakan, kegiatan serupa juga digelar di kantor-kantor pelayanan pajak di berbagai daerah. “Tujuannya juga sama, untuk memaksimalkan jangkauan layanan,” pungkasnya.

Reporter: Yudhi Ardian
Editor: Achmad Saichu