Update Covid-19 di Tulungagung, 47 ODP Baru dan 5 PDP Masih Dirawat

Share this :

Tulungagung, koranmemo.com – Posko penanganan covid-19 di Kabupaten Tulungagung merilis hasil pemantauan ODR, ODP, dan PDP, per Rabu (25/3) pukul 16.00 WIB. Sebanyak 47 orang dalam pemantauan (ODP) baru, dan 5 pasien dalam pengawasan (PDP) masih jalani perawatan di RSUD dr Iskak Tulungagung.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung melaporkan, sebanyak 33 orang dalam risiko (ODR) baru ditemukan kemarin, Rabu (25/3). Total, tercatat ada 691 ODR, dengan rincian sebanyak 251 ODR telah dinyatakan selesai dalam pemantauan. Jumlah ODP juga bertambah, dari sebelumnya 204 orang bertambah 47 orang menjadi 251 warga Tulungagung yang berstatus ODP.

Dinkes Tulungagung juga mencatat jumlah PDP baru sebanyak 2 orang, total menjadi 20 orang. Total tersebut, 14 pasien dinyatakan sembuh atau negatif covid-19, 1 meninggal dunia negatif covid-19, dan 5 orang masih menjalani isolasi di RSUD dr Iskak Tulungagung.

“Masih menjalani isolasi di RSUD dr Iskak itu termasuk pasien rujukan, dan 1 WNA asal Jerman. Untuk yang meninggal dunia itu positif HIV/aids, hasil covid-19 negatif,” ujar Didik Eka Kasi P2P Dinkes Tulungagung, Rabu (25/3).

Didik menambahkan, semua warga yang masuk status ODP tidak ada yang dirawat. Mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing – masing. Didik meminta, ODP tidak melakukan aktivitas di luar rumah, maupun berinteraksi dengan orang lain selama 14 hari dalam pemantauan.

“Awalnya ada dua, tapi kondisinya membaik sudah boleh pulang. Sekarang tidak ada yang dirawat inapkan, cukup isolasi mandiri. Mereka kalau bisa tidak keluar rumah, tidak komunikasi dekat dengan orang lain, termasuk keluarga. Kalau ada keperluan penting, komunikasi harus dengan jarak minimal 1 meter dan mengenakan masker,” tambah Didik.

Dijelaskan, warga status ODP tersebut warga Tulungagung yang baru datang dari kota atau wilayah zona merah, atau pulang dari luar negeri negara terjangkit. Selama menjalani isolasi mandiri, akan ada petugas yang memantau sesuai wilayahnya masing-masing.

Reporter Zayyin multazam sukri

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date