Upacara Pedang Pora, Tanda Pisah Sambut Kapolres Kediri

Share this :

Kediri, koranmemo.com — Upacara Podang Pora menjadi tanda pergantian Kepala Polres (Kapolres) Kediri, beberapa prosesi pisah sambut pun mengiringi kegiatan yang dilaksanakan di Mapolres Kediri, Kamis (9/1) pagi. Sebelum melaksanakan Upacara Pedang Pora, pejabat baru dan pejabat lama mengikuti Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Mapolda Jatim.

Dalam Upacara Sertijab yang dilaksanakan pada 3 Januari lalu, AKBP Roni Faisal Saiful Faton resmi melepas jabatan sebagai Kaolres Kediri. AKBP Roni menjabat sebagai Kapolres Kediri selama 1 tahun 4 bulan. Sementara itu, AKBP Lukman Cahyono akan menggantikan posisi AKBP Roni sebagai Kapolres Kediri.

AKBP Roni akan menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadir Reskrimum) Polda Kalimantan Timur (Kaltim). Sedangkan AKBP Lukman, sebelum menjabat sebagai Kapolres Kediri, mempunyai tugas sebagai Kapolsek Tanah Abang Polda Metro Jaya.

“Jawa Timur bukan tempat yang asing, karena saya asli orang Malang. Sebelumnya, saya juga sempat bertugas di Polres Kediri Kota, saat itu Sebagai Kasat Lantas Polres Kediri Kota. Jadi, harapan saya, tidak terlalu lama untuk menyesuaikan diri di lingkungan yang baru,” jelas AKBP Lukman.

AKBP Lukman mengatakan, pihak Polres Kediri akan berusaha terbuka, setidak hanya kepada awak media tapi juga masyarakat di Kabupaten Kediri. Tanpa keterbukaan dan kedekatan dengan masyarakat, pelaksanaan tugas sebagai pelayan masyarakat tidak dapat maksimal.

Selain itu, AKBP Lukman menjelaskan, program-program yang sudah berjalan, akan dilanjutkan. “Program dari Bapak Kapolres sebelumnya juga baik dan bagus, pastinya akan saya lanjutkan. Jika ada yang belum tuntas, kami akan berusaha menuntaskan, apabila ada yang belum sempurna akan kami usahakan untuk menyempurnakan. Saya juga akan bahas dengan anggota,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya