Unmer Malang Selenggarakan Wisuda Daring dan Ucapkan Selamat Secara Luring

Malang, koranmemo.com РUniversitas Merdeka (Unmer) Malang menggelar wisuda secara virtual atau Dalam Jaringan (Daring) untuk periode 2019/2020. Namun Unmer Malang juga memfasilitasi wisudawannya untuk bertatap muka dan sesi foto bersama jajaran direksi, Minggu (18/10).

Rektor Unmer Malang, Anwar Sanusi menuturkan, dalam situasi pandemi Covid-19 Unmer Malang menaati peraturan protokol kesehatan yang berlaku. Tidak semua wisudawan mengikuti kegiatan yang digelar di halaman gedung direktorat Unmer Malang tersebut.

“Ini adalah ucapan selamat kepada mahasiswa, bukan wisuda. Mereka diberi kesempatan ke kampus untuk menemui kami dengan syarat mengisi google form dulu,” ujarnya.

Menurutnya, Unmer Malang tidak mewajibkan wisudawannya untuk datang langsung ke kampus untuk menerima ucapan selamat. Dalam momen tersebut Unmer Malang juga membagikan ijazah secara langsung bagi wisudawan yang hadir dan bagi yang tidak datang akan dikirim.

“Mahasiswa yang bertempat tinggal di Malang Raya yang ingin ketemu dengan kami atau berfoto, kami sediakan fasilitas untuk berfoto baik dengan rektor, pejabat struktural, dekan maupun sendiri,” tuturnya.

Lebih lanjut Prof. Anwar menyampaikan, wisudawan tersebut merupakan mahasiswa yang seharusnya diwisuda April 2020. Namun karena terjadi pandemi Covid-19 yang belum juga terselesaikan, sehingga baru diwisuda secara daring (17/10).

“Saat ini yang hadir sebanyak 270 wisudawan, namun kemarin mereka sudah mengikuti wisuda daring kemarin bersama 626 wisudawan lainnya,” tambahnya.

Prof. Anwar menambahkan untuk lulusan bulan Oktober 2020, Unmer Malang berencana menggelar wisuda secara langsung. Rencana itu menurutnya akan digelar di bulan Desember 2020 dengan membagi menjadi 2 gelombang.

“Wisuda secara daring ini sebenarnya rumit bagi kami. Banyak hal yang harus dipersiapkan. Ini pertama kali dan mungkin tidak akan melakukan lagi,” ujarnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh

Editor: Della Cahaya