UNBK SMP Ditunda, Disdik Tunggu Kebijakan Dari Pusat

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Sedianya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP Negeri dan Swasta digelar 22 April dan berlangsung selama tiga hari sesuai dengan mata pelajaran yang diujikan. Namun karena saat ini Indonesia, khususnya Kabupaten Kediri dalam siaga darurat bencana Covid, UNBK diputuskan untuk ditunda.

Terkait hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kediri belum bisa memutuskan kapan pelaksanaan UNBK tersebut dan akan menunggu kebijakan dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Tentunya dengan prosedur yang ada ini, Disdik Kabupaten Kediri akan ikuti aturan yang ada.

Sujud Winarko Kepala Disdik Kabupaten Kediri menjelaskan, akan lebih baik jika mengikuti aturan yang ada. Jika hal ini dilakukan tentunya akan menjadikan salah dan menabrak aturan yang ada. Bisa dipastikan jika UNBK diundur akan memasuki bulan puasa. Penundaan ini akan disosialisasikan ke siswa klas IX.

“Sebelumnya sudah kita jadwalkan untuk penentuan UNBK tingkat SMP Negeri dan swasta di Kabupaten Kediri. Dengan perencanaan itu jadwal UNBK tetap berjalan sebagaimana umumnya seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena Kediri Darurat Bencana Covid 19 ini akhirnya ditunda dengan waktu yang belum jelas,”ujarnya.

Penundaan UNBK ini juga disosialisasikan ke guru-guru  SMP Negeri dan swasta di Kabupaten Kediri.Dengan harapan  hal ini bisa dipahami oleh semua guru dan kepala sekolah di Kabupaten Kediri. Diharapkan semua pelaksanaan kegiatan UTS, Try Out dan UNBK bisa dilaksanakan dengan baik.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu