Umroh Gratis Jilid V Dianggarkan Rp 8,6 Miliar

Share this :

Ponorogo, koranmemo.com – Program Umroh gratis Jilid V resmi digulirkan Pemkab Ponorogo awal tahun 2020 ini. Bahkan, prosesnya kini telah masuk di Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Pemkab Ponorogo.

Dari data yang berhasil dihimpun melalui website resmi LPSE Ponorogo, tahun ini program umroh gratis di anggarkan mencapai Rp 8,6 miliar, dana itu bersumber dari APBD 2020 Ponorogo. Angka ini sendiri paling besar ketimbang anggaran Umroh gratis sebelumnya, yang hanya Rp Rp 4 miliar untuk Umroh gratis Jilid 1 dan 2, serta Rp 5 Miliar untuk Jilid 3 dan 4.

Kepala Bagian Kesejahtraan Masyarakat ( Kesra) Setdakab Ponorogo, Fadlal Kirom membenarkan hal ini. Ia mengatakan, besarnya anggaran Umroh Gratis Jilid V ini, lantaran jamaah yang diberangkatkan mencapai 350 orang. Dengan perhitungan satu orang dianggarkan mencapai Rp 24 juta, serta uang saku 200 real atau 1 juta rupiah.

“Ini sudah proses lelang untuk mencari biro pemberangkatannya. Tahap pertama tahun ini 350 orang, satu orang biayanya mencapai Rp 24 juta, itu termasuk uang saku dan akomodasinya di tanah suci,” ujarnya, Senin (13/1).

Mantan Camat Sampung ini juga mengungkapkan, pemberangkatan jamaah umroh gratis jilid V ini diprediksi bulan Maret dan April depan. Terkait peserta selain dikhususkan untuk Kyai Kampung dan Marbot Masjid, pihaknya juga menambah formasi guru berprestasi dan musabakoh berprestasi untuk mengikuti program ini.

“Awal program kan 1.000 kyai kampung dan marbot diberangkatkan, saat ini sudah 500 orang diberangkatkan. Selain itu, ada musabakoh dan guru prestasi untuk mengikuti program ini,” ungkapnya.

Lebih jauh, Fadlal menambahkan, program serupa juga akan dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2020 mendatang, dengan peserta di prediksi mencapai 150 orang.” Tahap dua nanti PAK. 350 tahap satu dan sisanya akhir tahun,” pungkasnya.

Reporter: Zainurrohman
Editor: Della Cahaya