Turonggo Yakso Jadi Sajian Pembuka ICF di Tebing Spikul Trenggalek

Trenggalek, koranmemo.com – Tari jaranan Turonggo Yakso ambil bagian dalam pembukaan Indonesia Climbing Festival (ICF) di Tebing Spikul Trenggalek, Jumat (21/6). Penyajian kesenian daerah asal Bumi Menak Sopal, sebutan lain Kabupaten Trenggalek ini sekaligus menjadi sarana promosi kearifan lokal selain destinasi wisata yang sudah dikenal banyak khalayak.

ICF adalah festival panjat tebing berskala nasional yang berlangsung sejak 8 Juni hingga 29 Juni di empat daerah, yakni Tebing Badega Parang Purwakarta, Tebing Gunung Api Nglanggeran Yogyakarta, Tebing Songan Bali dan Tebing Spikul Trenggalek. Tebing Spikul menjadi lokasi pelaksanaan etape ke tiga, 21 Juni sampai 22 Juni.

“Jadi selain untuk penyambutan para peserta yang notabene berasal dari luar daerah, ini sekaligus menjadi sarana promosi. Ini lho Trenggalek, bukan hanya dikenal panorama alamnya yang indah, namun juga kekayaan budaya dan keseniannya,” kata Sunyoto, plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek.

Tarian yang dimainkan sembilan pelajar SMA dari Sanggar Parasodo itu tampil memukau. Hasilnya tak sedikit para peserta maupun pengunjung mengabadikan dengan kamera lenggak lenggok penari dengan iringan musik tradisional. Bahkan, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan Ketua TP PKK Trenggalek, Novita Hardini yang menyaksikan langsung nampak terkesima. (adv)

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date