Tunggu Pedoman Pelaksanaan Vaksinasi

Kediri,koranmemo.com – Pelaksanaan proses vaksinasi Covid-19 di beberapa rumah sakit swasta di Kabupaten Kediri menunggu petunjuk teknis pelaksanaan dari pihak berwenang. Beberapa rumah sakit swasta melakukan persiapan dengan menyiapkan ruangan dan petugas khusus.

Direktur Rumah Sakit Amelia Pare, dr Indradi Pramudya mengatakan, kabar yang tersiar vaksinasi akan dilakukan pada bulan Februari. Jatah vaksinasi di rumah sakit swasta akan dilakukan pada tahap kedua. “Tahap pertama, RSUD Pare, RSUD Tugurejo, RS HVA, puskesmas, dan klinik yang ada di Kabupaten Kediri,” katanya.

Dia menuturkan, hingga saat ini belum ada petunjuk teknis yang diberikan. Namun rencananya ada pelatihan khusus tentang vaksinasi Covid-19 pada tanggal 22 Januari hingga tanggal 24 Januari 2021. “Mungkin nanti semua pedoman akan diberikan saat pelatihan,” tuturnya.

Sembari menunggu petunjuk pelaksanaan, dia mengambil inisiatif untuk segera mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk vaksinasi di rumah sakitnya. Mulai dari ruangan dan menunjuk tenaga kesehatan secara khusus. “Sekarang sudah mulai persiapan. Jadi, ketika sudah dijadwalkan semua sudah siap,” ujarnya.

Sementara itu, sejak RS Amelia Pare ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, tak sehari pun ruangan yang dipersiapkan sebagai ruang isolasi, tak terisi. Ada sebanyak 8 ruang isolasi yang disiapkan. “Setiap ada yang sembuh dan keluar, ruangan akan terisi kembali,” katanya.

Reporter : Yachya Muchamad

Editor : Vrian Triwidodo