Tumbangkan Thailand, Indonesia Juara Piala AFF-U16 2018

Share this :

Sidoarjo, koranmemo.com – Timnas Indonesia berhasil menjuarai Piala AFF-U16 setelah  mengalahkan Timnas Thailand 5-4 (1-0, 1-1) dalam pertandingan final yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/08/2018) malam.

Begitu kick off anak asuh Fachri Husaini, berusaha melakukan gempuran di kandang Thailand. menit ke 4 babak pertama, Supri mencoba tendangan. Namun arah bola masih tepat ke arah kiper Thailand, Anuchid.Menginjak menit ke-14, Bagus hampir mencetak gol menyusul umpan Andre tetapi masih terkena tiang gawang Thailand. Skor tetap 0-0.

Menit ke 17 coach Fachri menarik Amanar digantikan dengan Fajar Fathur Rachman. Menit ke 27 umpan satu dua antara Bagus dan Supriadi berhasil menembus pertahanan Thailand. Namun, umpan terakhir Bagus yang terlalu deras lebih dekat ke pelukan kiper Thailand.

Akhirnya di menit ke 32 Fajar Fatchur Rachman berhasil membuat gol setelah mendapatkan umpan lambung dari Andre. Dengan sekali sentuhan kaki berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Indonesia. Skor bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Thailand berusaha keras menyamakan kedudukan. Thanarin Thumsen dan kawan kawan terus menggempur sisi kiri pertahanan Indonesia.

Tetapi upaya yang dilakukan masih bisa dimentahkan oleh anak asuh Fachri Husaini. Di menit ke 68 andre ditarik keluar digantikan oleh Lestaluhu

Menit ke 72 akhirnya Thailand berhasil mengejar ketertinggalan setelah Apidet Jangnam tanpa penjagaan pemain Indonesia dengan mudah menyontek bola ke gawang Ernando. Kedudukan menjadi sama kuat 1-1.

Coach Fachri kemudian memasukkan Zico untuk mengganti Fajar Fathur Rachman guna menambah kekuatan di lini depan Indonesia.

Sampai dengan berakhirnya babak kedua kedudukan tetap 1-1 dan dilanjutkan dengan adu pinalti.

Tendangan pinalti

Tim Indonesia
Sutan Digo Zico gol (2-2)
Bagus Kahfi gol (3-2)
Rendy Juliansyah gol (4-3)
David Maulana gol (5-4)

Tim Thailand
Thanarin Thumsen gol (1-2)
Apidet Jangnam tidak gol (2-2)
Anuca Sodri gol (3-3)
Kithippong gol (4-4)
Pongsakom tidak gol (5-4)

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu