Truk Sayuran Terjun Ke Sungai

Jombang, Koran Memo – Sebuah truk pengangkut sayuran terjun ke sungai setelah sebelumnya menabrak pengaman jalan di tikungan Jl Raya Desa Sembung Kecamatan Perak, Rabu (20/5) sekitar pukul 04.00 WIB. Beruntung sopir truk bernama Jumadi (40) warga Desa Buluharjo Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, hanya mengalami luka ringan dalam peristiwa ini.

Kondisi truk pengangkut sayur setelah proses evakuasi (agung/memo)
Kondisi truk pengangkut sayur setelah proses evakuasi (agung/memo)

Kecelakaan tersebut disebabkan sopir truk kelelahan dan mengantuk usai melakukan perjalanan panjang. Kini kasusnya dalam penanganan Unit Kecelakaan Lalu Lintas Sat Lantas Polres Jombang.

“Kasus kecelakaan sudah dalam penanganan. Truk yang terlibat laka usai dievakuasi langsung kami derek menuju kantor Sat Lantas Polres Jombang. Dari pengakuan sopir, saat itu dia kelelahan dan mengantuk usai menempuh perjalanan mengambil sayur dari Probolinggo,” kata Ipda Tri Sulo Hadi, Kanit Laka Lantas Sat Lantas Polres Jombang.

Data yang dihimpun dari lokasi kejadian, kecelakaan truk bernopol AE 9122 UN tersebut bermula ketika truk melakukan perjalanan mengambil sayur dari Probolinggo dan hendak dibawa ke Magetan. Truk berangkat dari Probolinggo pada Selasa (19/5) malam.

Awalnya perjalanan truk berjalan lancar tanpa hambatan. Sesampainya di Jombang, sopir truk mulai merasa terserang kantuk. Karena masih merasa kuat, sopir tetap memilih melanjutkan perjalanan.

Lama-kelamaan konsentrasi sopir semakin menurun. Sesampainya di TKP, dengan posisi jalan menikung ke kanan, sopir lepas kendali dan tidak mengikuti jalur sehingga truk terus melaju lurus. Tak ayal truk tersebut akhirnya menabrak pengaman jalan dan terjun ke sungai.

Truk yang jatuh ke sungai dan menimbulkan suara yang keras mengundang perhatian warga setempat yang langsung berhamburan menuju lokasi kejadian dan memberikan pertolongan dan mengeluarkan sopir dan kenek yang masih berada didalam kabin truk. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, sopir dan kenek truk hanya menderita luka ringan akibat benturan keras.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan kepada polisi, tidak berselang lama petugas datang dilokasi untuk mengamankan TKP. Sedangkan untuk muatan sayur yang tumpah,  dipindahkan ke truk lain dan langsung melanjutan perjalanan menuju Magetan.

Proses evakuasi truk yang tercebur kesungai baru dilakukan pada siang harinya sekitar pukul 11.00 WIB, dengan bantuan satu unit mobil derek dan satu dump truk.

Proses evakuasi ini membuat jalur dari dan menuju Jombang mengalami kemacetan panjang sekitar 3 km. Untuk mencegah kemacetan semakin memanjang, petugas melakukan rekayasa lalu-lintas dengan membuka tutup jalur secara bergantian. Sekitar pukul 12.30 WIB, truk berhasil diangkat. Selanjutnya truk di derek menuju kantor Sat Lantas Polres Jombang. (ag)

Follow Untuk Berita Up to Date