Truk Muat BBM Terguling, Sopir Tewas, Muatan Tumpah

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Truk bermuatan 24.000 liter BBM (bahan bakar minyak) milik Pertamina bernopol AG 9442 UV terguling di jalan raya Nganjuk-Kediri atau tepatnya Desa Pace Kulon Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk, Selasa (6/11) malam. Proses evakuasi mengalami kesulitan lantaran BBM yang dimuat terus berceceran ke jalan. Selain itu, sopir yang tewas dalam keadaan tergencet bodi depan kendaraan.

Informasi yang dihimpun Koran Memo, truk tersebut dikemudikan oleh Suyono (50) warga Madiun, dan kernet Suprih (56) warga Desa Ngino Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Truk terbagi menjadi tiga sekat yang memuat pertamax, pertalite, dan solar. Muatan itu rencana dikirim dari depo Madiun ke Tulungagung.

Satriyo, warga setempat yang merupakan saksi kejadian mengatakan, sekitar pukul 20.30 WIB truk melintas dari arah Nganjuk menuju Kediri. Tiba-tiba ia mendengar suara ledakan keras yang kemungkinan akibat ban meletus. Truk pun akhirnya oleng ke kanan sampai menabrak pagar sebuah rumah makan.

“Tadi laju truk sebenarnya pelan. Setelah terdengar suara ledakan, tiba-tiba truk oleng ke kanan dan menabrak pagar rumah makan,” ungkapnya.

Kernet mengalami luka lecet pada siku sebelah kiri dan mengeluhkan sesak nafas. Tapi ia masih bisa dimintai keterangan dan segera dilarikan ke klinik kesehatan setempat. Sementara, sopir truk tewas setelah tergencet bodi depan truk, dan berhasil dievakuasi sekitar pukul 23.00 WIB.

Sedangkan proses evakuasi kendaraan terkendala akibat muatan BBM yang terus menerus tumpah ke jalan. Petugas akhirnya memasang garis kepolisian dan memastikan tidak ada sumber api di lokasi kejadian.

Petugas pemadam kebakaran pun bersiaga di lokasi. Bahkan, truk pengangkut pasir sempat dihentikan untuk diminta menuangkan muatan di area tumpahan BBM.

“Tadi truk pengangkut pasir dihentikan untuk diminta menuangkan muatan di jalanan yang terkena BBM. Setelah itu akan kami siram air guna meminimalisir bahaya kebakaran. Karena kalau terbakar ini bisa meledak seperti dinamit,” ujar petugas pemadam kebakaran di lokasi kejadian.

Reporter Andik Sukaca

Editor Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date