Trenggalek Bentuk CSIRT Untuk Amankan Ciber Kanal Pemerintah

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk membentuk Computer Security Insident Respon Team (CSIRT). Sistem tersebut ditujukan untuk membentengi kanal-kanal pemerintah agar lebih aman.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengatakan, tahun ini e-Goverment dan Pariwisata menjadi fokus utama pembangunan. e-Goverment sendiri ditujukan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan terhadap masyarakat secara efektif dan efisien karena berbasis data daring.

Namun disisi lain, penggunaan data berbasis online rentan terjadi serangan cyber seperti adanya hacker. Untuk itu pemda ingin menguatkan jaringan keamanan kanal-kanal sistem pemerintahan. “Kita ingin pelayanan online di Trenggalek bisa berjalan maksimal,” kata Mas Ipin dalam sosialisasi CSIRT di Gedung Bhawarasa, Kamis (20/2).

Menggunakan data daring untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pekerjaan tentunya diperlukan keamanan cyber yang memadai sehingga data daring tersebut dapat terlindungi dengan baik, dan dapat dimanfaatkan sebagaimana semestinya. Selain akurasi data, juga menyangkut kerahasiaan data.

“Karena pelayanan online nanti interaksinya bukan hanya berjalan masalah data saja, namun juga ada data Base, kerahasiaan masyarakat, termasuk juga payment yang dilakukan secara online, maka perlu ada keamanan yang memadai sehingga lebih aman,” kata Mas Ipin.

Dibentuknya CSIRT, diharapkan dapat mendukung implementasi Smart Regency di Kabupaten Trenggalek. Harapannya dapat menghindarkan dan meminimalisir resiko jika terjadi suatu insiden maupun serangan siber yang dapat mengganggu layanan administrasi pemerintahan dan layanan publik berbasis elektronik.

“Untuk memproteksi sebisa mungkin jangan sampai kebobolan atau dihack. Dengan begitu pelayanan semakin maksimal sehingga bila kita mengembangkan aplikasi atau jaringan, back one keamanannya sudah ada. Jangan sampai rumah kecil rawan dibobol, apalagi semuanya nanti akan terkumpul menjadi satu,” pungkasnya.

Reporter: Angga Prasetya
Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date