TPID Kota Kediri Sampaikan Kiat Jaga Inflasi

Kediri, koranmemo.com – Memasuki Februari, Tim Pengendali Inflasi Daerah TPID Kota Kediri menerima kunjungan kerja ke-2 setelah Kabupaten Sumedang Jawa Barat datang pada Januari lalu. Kali ini kunjungan datang dari Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara dan diterima di ruang Command Center Pemerintah Kota Kediri, Senin (10/2).

Kunjungan ini merupakan ke-2 kalinya setelah tahun sebelumnya menerima sekitar 13 kunjungan. Anggota TPID, Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan (Barenlitbang) Edi Darmasto dan Kepala Tim Advisory Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Kediri, Rizal Moelyana menerima kunjungan Kabupaten Sula Maluku Utara yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Arif Umasugi.

Edi menjelaskan, kunjungan kerja kali ini merupakan ajang capacity building serta knowledge sharing antar daerah dalam rangka penguatan pengendalian inflasi di daerah. Kunjungan ini merupakan inovasi dan upaya TPID Kota Kediri untuk mengendalikan inflasi daerah.

Edi menjelaskan berbagai program seperti Operasi Pasar Murni (OPM), sidak pasar, serta subsidi bidang pendidikan yang berpengaruh pada inflasi. “Letak geografis dan letak wilayah juga menjadi penyebab inflasi yang berbeda-beda, meski telah mengetahui cara penanggulangan inflasi di Kota Kediri tentu perlu inovasi lagi ketika diterapkan ke daerah asal.

Agar inovasi dan upaya bisa berjalan anggota TPID juga harus solid. Komitmen kepala daerah pun juga diperlukan untuk menjaga laju inflasi daerah bisa terus terjaga.

Diharapkan melalui kunjungan ini setiap daerah memiliki bisa mengendalikan laju inflasi dan memperkuat perekonomian nasional. “Semoga kunjungan kerja kali ini bisa membawa dampak positif bagi kedua daerah khususnya dalam pengendalian inflasi di daerah,” pungkasnya.

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date