Tolak Pilkada Tak Langsung

Share this :
Puluhan Aktifis PMII Trenggalek menolak  Pilkada tak langsung. (Herman /Memo)
Puluhan Aktifis PMII Trenggalek menolak Pilkada tak langsung. (Herman /Memo)

*PMII Sampaikan Aspirasi ke Dewan

Trenggalek, Memo- Puluhan massa dari PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Cabang Trenggalek kemarin mendatangi gedung DPRD setempat. Mereka menyampaikan aspirasinya untuk menolak pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pildada) tak langsung.

Sekitar pukul 13.00 WIB, mereka diterima para ketua fraksi DPRD setempat. Yakni ketua Fraksi PDIP Peny Sugiharti, ketua Fraksi PKB Sukarudin, ketua Fraksi Demokrat Mugianto, ketua Fraksi Golkar Sukaji dan ketua Fraksi Indonesia Merdeka Moh. Nur Effendi.

Dalam dengar pendapatan tersebut mereka meminta agar para ketua fraksi menyampaikan pada DPR-RI untuk menolak pilkada yang diselenggarakan secara tidak langsung. ”Kita menolak rencana Pilkada yang dilakukan secara tidak langsung,” kata Muhamad Roby ketua PMII Cabang Trenggalek.

Menurutnya, jika Pilkada diselenggarakan secara tak langsung maka rakyat tidak akan mengetahui sifat dan karakter calon pemimpinnya.

Dengar pendapat antara PMII dengan para ketua fraksi hanya berlangsung kurang lebih satu jam. Sementara ketua fraksi PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) Sukarodin S,Ag. Mengatakan, sebenarnya inspirasi semacam ini langsung saja dilakukan kepada DPR RI, bukan di sini tempatnya.

“Sebab muara persoalan ini ada di DPR pusat bukan di sini. Kami yang di daerah ini adalah sebuah lembaga yang hanya bisa menerima saja daripada aspirasi anda, apalagi aspirasi tentang pembahasan RUU Pilkada,” tandasnya.

Namun demikian Sukarodin mengaku sepakat dengan pergerakan tersebut. “Sebelum kalian bergerak seperti ini kami ini lebih dulu menolak RUU pilkada di DPR pusat. Jadi kalau boleh saya sarankan bila kalian melakukan pergerakan seperti ini lakukan aja di pusat sana sebab penentu kebijakan nanti ya di sana bukan di sini,” jelasnya.

Berbeda halnya dengan Sukadji ketua Fraksi Golkar dalam kesempatan mengaku tetap menampung aspirasi yang disampaikan PMII tersebut.

“Saya sepakat dengan apa yang anda aspirasikan ini, namun demikian aspirasi anda akan kami tampung dan kami kelola dalam partai kami dan untuk selanjutnya sayapun berharap agar kalian turut pula menyalurkan aspiarasi lewat saluran yang ada hingga ke pusat sehingga pada akhirnya di pusat nanti suara kita bisa bertemu,” katanya.(her)