Tipu Karyawan BUMN, Dijebloskan Bui

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Entah apa yang terlintas dibenak Hadi Suwito (57) warga RT 19/RW 06 Dusun Sugihan Desa Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Pria paruh baya ini nekad menjual motor roda tiga milik Aditya Yuwana Putra (27) warga Perum Taman Agung Permai C-5 RT 14/RW 03 Kelurahan Tamanan Kecamatan/Kabupaten Trenggalek. Akibatnya dia harus merasakan dinginnya di dalam penjara.

Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo S mengatakan, saat ini tersangka berada di Mapolres Trenggalek untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Tersangka terancam pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan. “Yang diancam dengan pidana maksimal empat tahun penjara,” ujarnya dalam press rilis yang berlangsung di Mapolres Trenggalek, Rabu (24/10).

Didit menjelaskan, peristiwa itu bermula saat pelaku dipercaya oleh korban untuk merawat motor miliknya. Sebelumnya karyawan BUMN itu merasa trauma pasca terlibat kecelakaan menggunakan motor roda tiga nopol AG 8249 YH. “Kecelakaan itu terjadi pada kisaran Januari 2018 lalu. Karena korban merasa trauma, korban kemudian mencari orang yang bersedia merawat dan meneruskan angsuran motor tersebut,” kata Didit.

Mendengar kabar itu, Hadi segera menemui korban di rumahnya dan berhasil menyakinkan Aditya. Terbujuk rayuan Hadi, akhirnya korban menyerahkan motor tersebut kepada pelaku. Namun bukannya  dirawat, motor tersebut justru dijual dengan harga Rp 5 juta. Tak terima korban memilih menempuh jalur hukum dengan melaporkannya ke polisi. Langkah hukum ditempuh karena pelaku tidak menunjukkan itikad baik. “Kami amankan tersangka beserta barang buktinya,” jelasnya.

Orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek itu menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap orang yang tidak dikenal. Tiga bulan terakhir, setidaknya Polres Trenggalek telah mengungkap hampir 10 kasus kejahatan penipuan dan penggelapan. “Modusnya beragam. Masyarakat dihimbau untuk lebih waspada dan berhati-hati, utamanya kepada orang yang tidak dikenal,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date