Tips Agar Tubuh Sehat, Kebal Penyakit dan Tangkal Virus Corona

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Hingga kini belum ada obat mujarab yang bisa menyembuhkan corona alias Covid-19. Namun salah satu cara antisipasi agar kondisi tubuh tetap kebal dari ancaman virus atau kuman.

Menjaga asupan makanan yang bergizi merupakan salah satu cara ampuh untuk menangkal penyakit. Jika mampu menjaga gizi, secara tidak langsung bisa meminimalisasi kemungkinan terpapar atau terjangkit virus atau penyakit. “Kuncinya menjaga asupan makanan. Dengan memperhatikan komposisi yang seimbang, bakal menjadikan tubuh fit dan bisa meningkatkan imun dan antibodi yang berguna menangkal penyakit,” kata Eny Ekowati, AMG, RD, ahli gizi RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar.

Dijelaskan paling mudah adalah menerapkan isi piring atau dalam dunia gizi disebut dengan isi piringku. Ini penting guna menerapkan gizi seimbang. Isi piringku dibagi menjadi empat, makanan pokok, buah, sayur dan lauk pauk plus 8 gelas air putih. Setengah pertama dibagi sepertiga dan dua pertiga. Anjuran yang diinginkan, dua pertiga makanan pokok, sepertiganya lauk pauk. Setengah yang kedua dua pertiga sayur, sepertiganya adalah buah-buahan. “Biasanya kalau makan, tiga per empat porsi makanan pokok, seperempat lauk pauk, sayur mayor seperlunya buah-buahan seperlunya,” kata perempuan asal Pare, Kediri ini.

Makanan pokok didapat sumber karbohidrat seperti jagung, ubi, talas, sagu dan lainnya. Sementara lauk pauk berasal sumber protein hewani dan nabati. Seperti ikan, ayam, daging, telur, susu dan lain. Ada juga tempe, tahu, kacang-kacangan. Buah-buahan dan sayuran guna vitamin, mineral dan serat. Nah zat gizi berperan dalam menjaga imunitas tubuh dalam bentuk vitamin. Vitamin A membantu mengatur system kekebalan tubuh, menghalau infeksi. “Kebutuhan vitamin beda. Untuk anak 300-600 mikrogram, dewasa 800-900 mikrogram, ibu menyusui 1.300 mikrogram per hari. Ini terdapat pada, hati sapi, minyak ikan kod, ikan salmon, telur rebus, ubi jalar, kubis, wortel, bayam, mangga, jeruk nipis, papaya, jambu biji dan lainnya. Jambu biji misalnya kandungannya 100 gram,” tambah ibu dua anak ini.

Selain vitamin A, ada vitamin C berguna meningkatkan kekebalan tubuh dan merangsang imunitas. Juga melindungi dari virus dan meningkatkan produksi interveron. Kebutuhannya untuk anak-anak 40-60 mg per hari, dewasa 70-90 mg per hari. Ini bisa ditemui di jamu biji, jeruk, papaya, stroberi, cabe nanas, brokoli, bayam. Vitamin D untuk antioksidan dan netralkan radikal bebas pemicu kerusakan sel. Juga untuk menyeimbangkan system hormone dan merangsang respon imunologi. Untuk anak mininaml 6-11 mg, dewasa 15 mg per hari. “Sumbernya bisa dari almond, alpukat, kwaci, kacang tanah, bayam, minyak zaitun, ada juga tomat, brokoli, mangga, paprika. Ada juga kebutuhan mineral untuk memperkuat system imun, jaga kesehatan jaringan, pertumbuhan sel. Terdapat pada kuning telur, wijen, hati sapid an lainnya. Terakhir zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah,” kata jebolan Poltek Kesehatan Malang ini.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Tinjau Bangunan Plaza Kompleks Balai Pemuda 

Baca Juga: Polres Blitar Kota Bersihkan Makam Bung Karno dan Istana Gebang

Yang lebih penting lagi yakni soal gizi guna menjadikan tubuh kebal penyakit. Tipsnya konsumsi sayuran beraneka ragam setiap kali makan satu porsi 3 kali sehari. Pengolahan sebaiknya dikukus, direbus dan dimasak dalam panci tertutup sehingga zatnya tidak menguap. Selain itu konsumsi buah lokal berwarna minimal dua porsi sehari. Jika dibikin jus, usahakan jangan disaring untuk serat. Hindari penambahan gula karena buah sudah mengandung gula. Ada juga konsumsi protein hewani yang kandung lemak hewani seperti ikan gabus, lele, putih telur minimal 3 porsi sehari. Pengolahan bisa dipepes, dibikin sup, dipanggang. “Jangan lupa konsumsi protein nabati minimal dua porsi sehari, perbanyak pakai bumbu alami. Seperti jahe, lengkuas, kunyit, temulawak, bawang putih, pala, serih, daun salam. Hindari minuman dingin dan pemanis buatan, bersoda untuk hindari masalah pada tenggorokan. Terakhir minum air putih 8 gelas per hari,” pungkasnya.

Reporter Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu