Tingkatkan Perekonomian Melalui UMKM, BI Malang Gelar KKI

Share this :

Malang, koranmemo.com – Bank Indonesia (BI) mendukung pemerintah dalam menciptakan kekuatan baru demi meningkatkan perekonomian melalui UMKM. Untuk itu Kantor Perwakilan BI Malang menggelar pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) di Hotel Tugu Malang, Jumat (20/11).

Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Azka Subhan menuturkan pameran KKI diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Seperti pembatasan jumlah pengunjung, pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dan bermasker.

“Beberapa produk yang diunggulkan dalam pameran ini antara lain berbagai macam kain dan fashion batik, kopi, serta makanan olahan yang berasal dari 14 UMKM mitra BI Malang,” tuturnya.

Ditambahkan bagi masyarakat yang tidak dapat hadir di lokasi pameran dapat mengakses pameran secara virtual melalui www.karyakreatifindonesia.co.id untuk melihat produk-produk UMKM.

“Ke depan, BI Malang berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah bahkan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga,” ujarnya.

Menurutnya, ada 3 kunci utama dalam mendorong UMKM menjadi kekuatan baru untuk meningkatkan perekonomian. 3 kunci tersebut merupakan nilai tambah dalam memajukan UMKM di era digital.

Pertama yaitu kreativitas yang dapat meningkatkan nilai tambah produk UMKM. Kedua, digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal.

“Ketiga, sinergi kebijakan pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM,” tambahnya.

Sementara itu Wali Kota Malang, Sutiaji yang turut hadir dipameran KKI menuturkan sangat mengapresiasi BI Malang yang menginisiasi pameran tersebut. Pihaknya berharap ide-ide dalam upaya peningkatan perekonomian terus bermunculan hingga perekonomian benar-benar bangkit.

“Kolaborasi inilah yang diperlukan supaya tumbuh kembang UMKM ini benar-benar bisa menopang ekonomi yang ada di Malang Raya bahkan Indonesia,” ujarnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh
Editor Achmad Saichu