Tingkatkan Perekonomian Melalui Pariwisata, Ini Yang Dilakukan Disporapar Kota Malang

Malang, koranmemo.com –┬áPemerintah Kota Malang melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang berupaya meningkatkan perekonomian melalui sektor pariwisata. Salah satunya melalui kegiatan Businnenis Maching Event di Ijen Suite Resort Malang, Selasa (1/12).

“Pemerintah hadir untuk memfasilitasi, memberikan peluang supaya mereka bisa berbagi informasi, berbagi pengalaman, menyamakan visi, membangkitkan semangat, saling menguatkan disaat sulit seperti pandemi sekarang ini supaya pariwisata bangkit,” tutur Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Wali Kota Malang.

Menurutnya, kegiatan dengan tema peningkatan daya saing pariwisata dan ekonomi kreatif tersebut diharapkan dapat mewadahi pelaku usaha di sektor pariwisata untuk bersinergi. Selain itu diharapkan juga dapat merangsang kembali kreatifitas dan inovasi untuk menciptakan produk-produk baru disektor pariwisata.

“Salah satunya seperti paket segitiga emas, Bali, Malang dan Jogja. Ini kalau ditawarkan ke publik tidak hanya di Indonesia tapi juga di internasional pasti akan menarik. Keberanian membuat program produk paket ini, saya pikir di event-event semacam ini menjadi penting. Namun hal terpenting adalah supaya mereka bangkit dari situasi pandemi,” ujarnya.

Lebih jauh menurutnya, kunjungan wisatawan dapat memberikan dampak peningkatan perekonomian masyarakat ditingkat terendah. Dampak tersebut menurutnya juga dapat memulihkan perekonomian yang turun akibat pandemi Covid-19.

“Beberapa event juga sudah dilakukan untuk memfasilitasi supaya geliat pariwisata itu terasa ditengah masyarakat. Sektor pariwisata itu padat karya, jadi kalau sektor ini bergerak, masyarakat yang paling bawah juga merasakan,” tambahnya.

Dia menambahkan, upaya Pemkot Malang dalam meningkatkan perekonomian melalui sektor pariwisata juga dengan meyakinkan kepada publik seperti hotel dan restoran di Kota Malang sudah memenuhi protokol kesehatan. “Ini juga ada informasi dari hotel ada kenaikan antara 10 sampai 50 persen,” ujarnya.

Peningkatan perekonomian disektor pendidikan juga sudah dipersiapkan mulai SD dan SMP. Namun menurutnya penguatan yang utama ada disektor pendidikan tingkat perkuliahan yang memiliki dampak terbesar dalam menopang pertumbuhan ekonomi Kota Malang.

“Di Kota Pendidikan ini, 500 ribu mahasiswa kalau datang ke Malang, dia butuh tempat tinggal itu dapat menggerakkan geliat ekonomi. Pasar Gadang saja 40 ton untuk kebutuhan ayam, belum Pasar Blimbing,” tambahnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh

Editor Achmad Saichu