Tingkatkan Pelayanan FKTP, Wali Kota Malang Imbau Puskesmas Sediakan Antrean Online

Malang, koranmemo.com – Peningkatan pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terhadap masyarakat terus diupayakan Pemkot Malang. Wali Kota Malang, Sutiaji, mengimbau kepada Puskesmas di Kota Malang untuk menyediakan layanan antrean secara online, Kamis (22/10).

Menurutnya, himbauan tersebut merupakan bagian dari upaya antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Puskesmas. Dengan demikian pengunjung dapat memangkas waktu antrean dalam menunggu layanan di Puskesmas.

“Saya minta juga Puskesmas memaksimalkan untuk layanan antrean online nantinya. Saya kira antrean online itu efektif sekali,” ujarnya.

Lebih lanjut tambahnya, hampir setiap orang di Kota Malang sudah mempunyai ponsel android, sehingga potensi tersebut dapat mendukung layanan antrean online. Di Kota Malang sendiri menurutnya prosentase masyarakat yang paham akan IT sudah lebih dari 70 persen.

“Bagi yang belum melek IT maupun tidak punya ponsel, dapat meminjam atau meminta tolong kepada kerabatnya, pinjem buat antrean online,” tuturnya.

Kota Malang memiliki 16 Puskesmas yang kini sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), sehingga diharapkan dapat berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.

Menurutnya, menjaga imun tubuh salah satunya juga dengan mendapatkan hiburan. Oleh karenanya, penyediaan TV di Puskesmas untuk pengunjung agar tidak jenuh ketika menunggu antrean juga perlu.

“Dengan demikian kepercayaan masyarakat akan pelayanan FKTP akan semakin baik, sehingga akan semakin banyak kunjungan masyarakat ke puskesmas,” ujarnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh
Editor: Della Cahaya