Tingkatkan Kualitas Tenaga Kesehatan Guna Mendukung Program Keluarga Sehat

Share this :

Lumajang, koranmemo.com – Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat, masalah kesehatan yang dialami oleh keluarga-keluarga di satu wilayah administrasi akan menjadi masalah kesehatan masyarakat. Pendataan yang dilaksanakan dengan kunjungan langsung ke rumah keluarga sehat, akan menghasilkan perhitungan Indeks Keluarga Sehat (IKS) dari setiap keluarga.

Untuk melaksanakan pendataan keluarga sehat, diperlukan pengetahuan dan ketrampilan  serta kompetensi tenaga kesehatan. Melalui orientasi aplikasi keluarga sehat, tenaga kesehatan Puskesmas mampu mengelola data hasil pendataan keluarga sehat sehingga dapat dijadikan dasar merencanakan kegiatan di Puskesmas.

Untuk mengioptimalkan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan program keluarga sehat, Dinas Kesehatan Lumajang menyelenggarakan Kegiatan Orientasi Keluarga Sehat yang dilaksanakan pada 21-23 Februari 2018 di Hotel Gajah Mada Lumajang.

Peserta kegiatan berjumlah 100 orang yang terdiri dari 87 perwakilan dari 25 Puskesmas (petugas admin, surveyor, supervisor) dan 13 pendamping akreditasi Puskesmas. Sedangkan narasumber dari Tim Pelatih Keluarga Sehat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Lumajang, Dra. Ria Cancerina, MM, diharapakan dapat memotret status kesehatan dan permasalahan kesehatan dengan data keluarga sehat. “Manajemen Kesehatan dalam pendataan keluarga sehat nantinya dapat memetakan dan mengetahui permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat sehingga Puskesmas dapat membuat kegiatan sesuai dengan kondisi masyarakat di wilayah kerjanya”, ungkapnya.

Program keluarga sehat diharapkan dapat dijadikan sebagai gambaran kondisi masyarakat khususnya di bidang kesehatan yang selanjutnya di intervensi untuk meningkatkan kembali indeks kesehatan keluarga guna mendukung program Lumajang Sehat dan Indonesia Sehat.

Reporter : Abd Halim, Sp

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.