Australia Tingkatkan Kerjasama Pertahanan dengan AS

Share this :

Canberra, koranmemo.com – Australia telah berjanji untuk meningkatkan kerjasama pertahanan dengan Amerika Serikat (AS) di Laut Cina Selatan. Kesepakatan itu telah dicapai setelah pembicaraan yang dilakukan di Washington.

Pertemuan di Washington itu mempertemukan Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne dan Menteri Pertahanan Australia, Linda reynolds dengan dua petinggi AS, Mike Pompeo dan Mark Esper. Berdasarkan pernyataan bersama Australia dan AS, keduanya juga akan berupaya keras dalam menghadang informasi-informasi palsu di wilayah Indo-Pasifik.

“Baik AS dan Australia juga menyatakan keprihatinan yang mendalam atas tindakan yang dilakukan China. Hal itu termasuk penindasan terhadap Uighur dan apa yang terjadi dengan Hong Kong,” kata pernyataan bersama Australia dengan AS dikutip dari The Guardian, Rabu (29/7).

Pernyataan bersama itu juga membantah klaim China atas wilayah Laut China Selatan yang mengatakan mayoritas wilayah itu adalah miliknya. Menurut AS dan Australia, itu telah melanggar hukum internasional dan dasar sembilan garis putus-putus adalah sesuatu yang tidak benar.

Namun, meski Australia telah sepakat meningkatkan kerjasama dengan AS pada bidang pertahanan, Australia tidak akan merusak hubungan dengan China. Seperti yang telah dikatakan oleh Payne mengenai mitra dagang terbesar Australia sekaligus musuh AS tersebut.

“Kami tidak memiliki niat untuk melukai hubungan penting antara Australia dengan China,” Kaya Payne.

Baca Juga: Kapal Penangkap Ikan China Beroperasi Dekat Pulau Galapagos

Baca Juga: Kebakaran di Australia Telah Memberikan Dampak pada 3 Miliar Hewan

Oleh karena itu, Australia tidak melakukan latihan militer gabungan bersama AS di Laut China Selatan. Meski AS secara terus menerus menekan Australia untuk melakukan hal itu.

Payne mengatakan, Australia dan AS memiliki hubungan yang erat dan telah berlangsung lama. Tapi Australia tetap memiliki hak untuk mengambil keputusan sendiri sesuai nilai-nilai yang dipercayai. “kami tidak menyetujui segalanya, dan itu bagian dari hubungan yang terhormat,” katanya setelah pertemuan.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya