Tingkatkan Kenyamanan Pedagang dan Pembeli, Pemkab Blitar Revitalisasi Pasar

Blitar, koranmemo.com – Fasilitas umum di tiga pasar rakyat di Kabupaten Blitar terus diperbaiki. Memanfaatkan dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2019 pembangunan fasilitas umum tersebut diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pedagang dan pembeli di pasar.

Pemerintah Kabupaten Blitar, melalui Dinas Perdagangan tahun ini memperbaiki fasilitas umum di Pasar Garum, Pasar Kademangan, dan Pasar Srengat. Perbaikan itu menggunakan anggaran senilai Rp 250 juta dari DBHCHT 2019. Kepala Bidang Pasar Disperindag Pemkab Blitar Wita Tri Wardhani mengatakan, tahun ini pihaknya terus memanfaatkan DBHCHT untuk revitalisasi tiga pasar. Fasilitas yang diperbaiki mulai toilet, teras pasar, hingga membangun musala.

“Perbaikan ini sudah kita mulai masih dalam proses sampai akhir tahun harus selesai. Fokusnya memang memberikan kenyamanan untuk pedagang dan pembeli atau masyarakat yang setiap waktu berada di pasar. Maka, seperti toilet harus bagus, lalu ada musala agar warga tidak lagi kesulitan untuk beribadah. Seperti Pasar Kademangan yang sudah sejak pukul 02.00 WIB sudah aktif sampai jam 05.00 WIB pagi tentunya butuh tempat untuk salat subuh,” ujarnya, Kamis (14/11).

Wita menambahkan, anggaran DBHCHT sesuai intruksi Bupati Blitar harus dimanfaatkan untuk masyarakat. Tahun depan revitalisasi pasar tetap akan dilakukan menggunakan anggaran tersebut. Disperindag sudah mulai merancang pasar rakyat mana yang tahun depan akan mendapatkan alokasi anggaran itu.

“Sudah ada usulan – usulan dari beberapa pasar yang masuk ke kami. Usulan ini akan kami ajukan untuk disetujui nantinya akan kami lakukan pembangunan seperti tahun ini dan tahun – tahun sebelumnya,” jelas Wita.

Sedikitnya 13 pasar rakyat di Kabupaten Blitar. Jumlah itu belum termasuk pasar – pasar yang dikelola oleh desa. Keberadaan pasar menjadi salah satu penunjang ekonomi kerakyatan serta menambah lapangan kerja bagi masyarakat Kabupaten Blitar.(Adv kominfo kabupaten Blitar)

Reporter Zayyin multazam sukri
Editor Achmad Saichu