Timnas Indonesia U-19 Akui Keunggulan Bulgaria

Zagreb, koranmemo.com – Para penggawa Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan lawannya. Anak asuhan Shin Tae-yong kalah telak dari Bulgaria di ajang uji coba internasional. Garuda Muda hilang fokus di 15 menit akhir.

Indonesia lawan Bulgaria menjadi laga pertama untuk pelatih Shin Tae-yong. Bermain di Stadion Igraliste NL Polet, Sveti Martin na Mauri, Sabtu (5/9) malam WIB, Garuda Muda sempat menahan lawannya tanpa gol sampai lebih dari 75 menit.

Gawang Muhammad Adi Satryo baru kebobolan di menit ke-78. Martin Petkov merobek gawang Adi Satryo lewat sundulan usai menyambut umpan dari eksekusi tendangan bebas. Indonesia mencoba bereaksi setelah kebobolan.

Umpan silang dilepaskan ke depan kotak penalti Bulgaria, namun gagal disambar oleh beberapa pemain Indonesia. Justru Bulgaria menggandakan kedudukan menjadi 2-0 di menit ke-83. Bola tembakan Stanislav Shopov dari luar kotak penalti berhasil merobek gawang Indonesia.

Semenit berselang, gawang Indonesia kebobolan lagi. Petkov mencetak gol kedua setelah memanfaatkan bola dari umpan tarik. 3-0 untuk Bulgaria. skor tersebut bertahan hingga laga usai. Hasil laga ini membuktikan bawah para pemain Indonesia belum bisa bermain selama 90 menit. Fokus yang hilang selepas laga berjalan selama satu jam menjadi masalah klasik.

“Kami kehilangan fokus saat terjadinya gol tadi. Bulgaria tim yang bagus dan kita juga mendapat pengalaman yang berharga di laga uji coba nanti. Pada uji coba selanjutnya kami akan berusaha meningkatkan permainan kami,” kata bek Indonesia, Bayu Mohammad Fiqri, dikutip dari situs resmi PSSI.

Indonesia masih punya dua laga uji coba lainnya, yakni melawan Kroasia pada Selasa (8/9) dan Arab Saudi pada Jumat (11/9). Perlu diketahui, pada hari yang sama, Kroasia mengalahkan Arab Saudi dengan skor 4-3.

Garuda Muda juga dijadwalkan menggelar uji coba melawan Qatar, Bosnia-Herzegovina, dan Dinamo Zagreb selama di Kroasia. TC di Kroasia dijadwalkan hingga akhir September ini.

Reporter: Okpriabdhu Mahtinu

Editor: Della Cahaya