Tim Penilai Lomba Terminal Sehat Tinjau Terminal Madyopuro Kota Malang

Share this :

Malang, koranmemo.com –¬†Terminal Madyopuro Kota Malang tengah mengikuti Lomba Terminal Sehat 2020 yang digagas Kemenhub dan Kemenkes RI. Tim Penilai Lomba perwakilan dari Kemenhub dan Kemenkes meninjau langsung untuk menilai Terminal Madyopuro, Jumat (16/10).

Ketua Tim Penilai Lomba Terminal Sehat 2020, Adi Sambodo menuturkan, lomba tersebut merupakan upaya percepatan adaptasi kebiasaan baru dalam masa pandemi Covid-19. Dengan harapan pemenang lomba dapat menjadi percontohan terminal sehat di Indonesia.

Pemenang lomba tersebut rencananya akan diumumkan secara virtual tepat di hari Kesehatan Nasional 2020.

“Ada beberapa kriteria dalam penilaian kami, pertama adalah terminal yang sudah memenuhi syarat administrasi. Kedua adalah protokol kesehatan, kemudian yang utama adalah peran dari Pemda dalam pengelolaan terminal,” tuturnya.

Baca Juga: Pemkot Malang Akan Bangun Tiga SMP Baru

Lebih lanjut Adi menyampaikan, dalam pantauannya, Terminal Madyopuro telah memenuhi beberapa kriteria penilaian yang ditetapkan panitia. Di antaranya kesesuaian dokumen lomba yang dikirim ke panitia dengan kondisi di lapangan hingga fasilitas penunjang yang disediakan.

“Salah satunya saja yang kami lihat ini tadi, standar kita untuk ruang terbuka hijau 30 persen. Di sini sepertinya lebih dari itu,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Malang, Sutiaji, menuturkan, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya terkait kepesertaan Terminal Madyopuro dalam Lomba Terminal Sehat 2020. Selain itu pihaknya juga telah menindaklanjuti catatan yang diberikan pihak Provinsi agar menjadi terminal terbaik.

Baca Juga: KPU Kabupaten Kediri Tetapkan DPT Pilkada Kabupaten Kediri

Perbaikan fasilitas umum seperti toilet dan tempat ibadah di terminal juga sudah terlaksana. Selain itu penyediaan fasilitas kesehatan juga sudah dilengkapi. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menjadi terminal terbaik.

“Disini kita buat senyaman mungkin maka kebersihan itu harus dijaga. Terlebih ini berkaitan dengan kesehatan maka protokol kesehatan juga diterapkan. Sebagai tempat transmisi lokal, kita juga berupaya menekan penyebaran covid-19 melalui perpindahan orang,” tuturnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh

Editor: Della Cahaya