Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Ajak Pelaku UMKM Bijak Kenali Pasar

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek menyelenggarakan sosialisasi upaya pemulihan ekonomi di Kecamatan Suruh. Senin (7/9).

Ketua TP-PKK sekaligus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochammad mengajak pelaku usaha mikro untuk bijak mengenali pasar.

Tujuannya, supaya para pelaku UMKM bisa menyasar pasar yang tepat, sehingga dapat memudahkan pemasaran.

Novita menuturkan, PKK ingin berperan aktif membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid 19, serta mengisi ruang kosong yang mungkin tidak terjangkau oleh pemerintah.

“Untuk  di daerah Trenggalek harus ada perputaran uang,secara terus menerus sehingga bisa menjadi obat dari krisis ekonomi yang ada,” tuturnya.

Dalam sosialisasi ini Novita, membagikan kiat – kiatnya bagaimana dalam pemasaran produk. Mulai kreativitas dalam pengemasan, polesan-polesan menarik dalam pemasaran sehingga dapat mendongkrak harga serta bagaimana cara mempengaruhi psikologis pembeli dengan diskon harga atau dengan memaket barang.

“Bisa saja melakukan kolaborasi antar UMKM seperti beli batik bonus jamu. Cara-cara seperti ini akan mempengaruhi psikologis orang untuk membeli produk tersebut,” imbuhnya.

Pelaku usaha mikro di Kecamatan Suruh juga diminta untuk mulai bersahabat dengan teknologi untuk mempermudah dalam pemasaran.

Baca Juga: Ketua PKK Kabupaten Trenggalek Berharap Ekonomi Pulih di Masa Pandemi

Baca Juga: Bupati Arifin, Titipkan Harapan Pulihnya Sektor Ekonomi 

“Para pengusaha di Trenggalek khususnya di Kecamatan suruh, harus mengenal teknologi digital atau menguasai pemasaran secara online. Tujuannya supaya produk yang ditawarkan seperti batik, tempe kripik, alen – alen dan aneka jajanan khas lainnya bisa lebih dikenal. Di samping itu harus ada inovasi baru untuk setiap produk, jangan hanya monoton,”pungkasnya.

Reporter : Dias Ahmad Farid

Editor      :   Della Cahaya