Tidak Terapkan Prokes, Cafe di Kediri Ditutup

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Penerapan protokol kesehatan (Prokes) di beberapa cafe di Kota Kediri tampaknya masih tidak dipatuhi oleh pengelola usaha. Meski sudah sering mendapat teguran dan menjalani sidang tipiring, masih juga melanggar protokol kesehatan. Tim Satgas Covid-19 Kota Kediri pun memberikan peringatan tegas dengan dilakukan penutupan cafe tersebut.

Kabid Trantibumas Satpol PP Kota Kediri, Nur Khamid mengungkapkan penutupan tersebut merupakan tindakan tegas atas penerapan Perwali. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran Virus Corona di wilayah Kota Kediri.

“Dua kali kita beri peringatan dan sanksi denda namun tetap tidak mematuhi, maka akan kita lakukan penutupan sementara,” tegas Nur Khamid, Senin (28/9/2020).

Nur Khamid menjelaskan adapun pelanggaran yang dilakukan adalah tidak adanya kesadaran pengelola dalam penerapan protokol kesehatan. Seperti, lokasi tempat duduk para pengunjung.

Pada razia Operasi Yustisi, petugas gabungan Satpol PP, Polresta Kediri dan TNI masih mendapati pengunjung yang tidak menjaga jarak. Padahal sesuai dengan aturan, jarak diantara pengunjung sejauh satu meter.

“Pengelola yang bertanggung jawab atau lokasi tempat duduk. Apabila banyak pengunjung yang berkerumun harus dipisahkan sesuai aturan protokol kesehatan. Bukan malah dibiarkan demi keuntungan pribadi,” tegas Nur Khamid.

Petugaspun memberikan peringatan tegas dengan penutupan sementara cafe yang melanggar protokol kesehatan tersebut. Hal ini dilakukan sebagai penindakan disiplin agar, para pelaku usaha ikut membantu pemutusan rantai penyebaran Covid-19.

Reporter Nuramid Hasyim
Editor Achmad Saichu